JELANG MNEK 2018 ASOPS KASAL PIMPIN TFG DI KOARMATIM SURABAYA


JELANG MNEK 2018 ASOPS KASAL PIMPIN TFG DI KOARMATIM SURABAYA

Menjelang pelaksanaanMultilateral Naval Exercise Komodo(MNEK) 2018 pada bulan Mei mendatang, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda (Laksda) TNI Aan Kurnia, S.Sos., memimpin pelaksanaan Tactical Floor Game(TFG) guna mempersiapkan kegiatan tersebut pada, Rabu (11/04/2018), bertempat di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Surabaya.

Multilateral Naval Exercise Komodo merupakan latihan berskala internasional yang digelar oleh TNI Angkatan Laut setiap dua tahun sekali, dimana pada tahun 2018 ini merupakan pelaksanaan yang ketiga  kalinya, dan akan digelar di wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat. MNEK 2018 akan melibatkan Angkatan Laut dari 33 negara, serta mendatangkan para Kepala Staf Angkatan Laut dan Kepala Delegasi dari negara – negara peserta. 

Pada pelaksanaan Tactical Floor Game ini, dilatihkan serta disimulasikan pergerakan dari setiap unsur maupun personel yang akan terlibat dalam pelaksanaan MNEK 2018, sekaligus pemaparan dari tiap-tiap bidang yang terlibat dalam latihan tersebut secara rinci dan terencana.

Dikatakan oleh Asops Kasal saat memimpin pelaksanaan TFG di Koarmatim bahwa, kegiatan yang akan digelar merupakan kegiatan yang berskala internasional, oleh karenanya personel yang terlibat harus memberikan kontribusi terbaiknya demi mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

“Latihan ini merupakan latihan bersama antar negara yang diinisiasi oleh TNI AL  untuk bekerjasama dalam penanganan serta penanggulangan bencana alam, demikian juga guna memberikan bantuan terhadap permasalahan kemanusiaan”, ungkap Laksda TNI Aan Kurnia. 

Lebih lanjut dalam kesempatan ini juga Asops Kasal tidak lupa menekankan kepada seluruh prajurit yang akan terlibat, untuk selalu mengutamakan keselamatan personel, khususnya saat pelaksanaan kegiatan yang bersifat action dalam rangkaian latihan MNEK 2018.

Turut hadir dalam kesempatan ini para pejabat tinggi TNI AL diantaranya,  Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E, M.M., Komandan Gugus Tempur Laut Wilayah Timur (Danguspurlatim) yang sekaligus juga sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) MNEK 2018 Laksmana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han), Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Timur (Danguskamlatim) Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi, para Koordinator tiap-tiap bidang dalam kepanitiaan MNEK 2018, serta seluruh perwira dan personel TNI AL yang akan terlibat dalam latihan bersekala internasional tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar