KADISWATPERSAL BUKA KEGIATAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI TNI AL TAHUN 2018

KADISWATPERSAL BUKA KEGIATAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI TNI AL TAHUN 2018

Jakarta, 23 April 2018 Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI Rubiyanto, S.E., M.M., secara resmi membuka kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji TNI AL Tahun 2018, bertempat di Auditorium Yos Sudarso, Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (23/04).

Kegiatan sertifikasi yang akan berlangsung hingga 27 April 2018 ini dilaksanakan di Auditorium Yos Sudarso Mabesal dan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur dan diikuti 44 orang peserta yang terdiri dari 36 Perwira Rohani (Paroh)/Rohaniwan TNI AL, 2 orang perwakilan dari TNI AD, 2 orang TNI AU, Mabes TNI 3 orang serta 1 orang dari Polri.

Dalam sambutannya Kadiswatpersal mengatakan bahwa, kegiatan sertifikasi pembimbing manasik haji yang diselenggarakan TNI AL bekerja sama dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Haji ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembimbing ibadah manasik haji yang profesional.

“Karena itu untuk mewujudkan peningkatan pelayanan, diperlukan para pembimbing ibadah haji yang memiliki kompetensi sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama,” ungkap Kadiswatpersal.

Lebih lanjut Kadiswatpersal menjelaskan, bimbingan ibadah merupakan salah satu aspek penting yang perlu terus ditingkatkan dari tahun ke tahun sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada Jamaah haji di tanah Air khususnya jamaah di lingkungan TNI AL. Dari data di Diswatpersal, tercatat selama tahun 2017 terdapat 307 orang personel TNI AL yang melaksanakan Haji dan sebanyak 1.501 orang melaksanakan Umrah. Apabila jumlah tersebut diprosentasikan dengan jumlah keseluruhan personel TNI AL yang beragama Islam maka 2,9 % personel TNI AL tiap tahun berangkat ke Tanah Suci.

Turut hadir dalam acara tersebut, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Dede Rosyada, M.A., Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kapusbintal, para Sekdis Kewasgiatan Spersal serta segenap peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji TNI AL Tahun 2018.

0 komentar:

Posting Komentar