KN Gajah Laut Bakamla RI Latihan Simulasi Situasi Darurat

KN Gajah Laut Bakamla RI Latihan Simulasi Situasi Darurat


Samarinda, 7 April 2018 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI terus mengasah kesigapan dan kecepatanggapan para personelnya dalam pelaksanaan tugas operasi di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia. Untuk itu, salah satu unsur Bakamla RI yaitu KN Gajah Laut-4804 bersama KP Gelatik dan KN Ganewa melakukan latihan bersama simulasi keadaan darurat di Dermaga Jetty Palaran, Perairan Sungai Mahakam, beberapa hari lalu.

Kegiatan latihan bersama dengan melibatkan instansi terkait di Samarinda yaitu dari PT. AKR Cooporindo, KSOP Kelas II, Polair, dan KPLP ini merupakan bentuk sinergi Bakamla RI dengan instansi terkait dalam mewujudkan dan meningkatkan keamanan dan keselamatan pelayaran di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia.

Unsur-unsur latihan yang terlibat yaitu tim AKR, KN Ganewa, tim SAR KN Gajah Laut dan tim sar KP Gelatik, bekerja sama melaksanakan tugas sesuai perannya. Dimulai dengan kejadian Tug Boat Mitra Star III yang mengalami kebakaran di Perairan Sungai Mahakam. Tim AKR segera melaksanakan penanggulangan kebakaran, namun karena tidak teratasi, maka diturunkan KN Ganewa dari KPLP Samarinda untuk membantu proses pemadaman kebakaran dengan menggunakan water canon.

Namun pada saat bersamaan, seorang ABK mencoba meyelamatkan diri dengan melompat ke sungai, dan rupanya ABK tersebut tidak dapat berenang. Kejadian itu diinformasikan kepada KN Gajah laut Bakamla RI dan KP Gelatik Polair, yang dengan sigap segera menerjunkan tim SAR masing-masing untuk memberikan pertolongan menggunakan sekoci. Akhirnya korban berhasil diselamatkan dan di evakuasi ke dermaga AKR Palaran untuk mendapatkan perawatan medis dari tim kesehatan PT. AKR.

Sementara itu, setelah KN Ganewa berhasil memadamkan api selanjutnya tim AKR melaksanakan pemasangan oil boom disekitar lokasi tug boat untuk antisipasi dan penanggulangan tumpahan minyak.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono
Foto: Humas Bakamla

0 komentar:

Posting Komentar