Koarmabar Gelar Forum Komandan KRI Wilayah Barat

Koarmabar Gelar Forum Komandan KRI Wilayah Barat

Jakarta, 5 April 2018, Dalam rangka meningkatkan profesionalisme Perwira Korps Pelaut di Jajaran Koarmabar, Asops Pangarmabar Kolonel Laut (P) Didong Rio Duta, S.T., M.A.P., memimpin pelaksanaan forum komandan KRI Wilayah Barat bertempat di Gedung Nanggala Mako Koarmabar, Kamis (5/4).

Asops Pangarmabar mengatakan bahwa forum Komandan KRI ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap bulan oleh Koarmabar dalam rangka pembinaan personel perwira korps pelaut dimana Asops sebagai chief corps perwira pelaut di Armabar. Selain itu, tujuan dari forum ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme serta saling tukar pikiran dan pendapat terkait dengan tugas-tugas Komandan KRI dengan dihadapkan pada situasi perkembangan lingkungan strategis saat ini.

"Kegiatan Forum Komandan KRI ini memiliki 2 poin makna penting, yang pertama kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dalam rangka pembinaan personel yang bernilai positif dalam mengasah dan meningkatkan naluri Komandan dalam memimpin. Hal ini diperlukan karena Komandan memiliki tanggung jawab yang besar. Yang kedua, arti strategis dari seorang Komandan, dimana Komandan harus dapat berpikir, berucap, bertindak dan mengambil keputusan yang tepat dalam situasi apapun, terutama saat melaksanakan operasi di laut.

Dihadapkan pada peran TNI AL yang salah satunya adalah Peran Diplomasi (Diplomacy Supporting) dimana penggunaan kekuatan laut yaitu KRI sebagai sarana diplomasi dalam mendukung kebijaksanaan politik luar negeri pemerintah, maka seorang Komandan dapat dikatakan mempresentasikan sebuah negara, sehingga harus mampu bertindak secara profesional dan tepat dalam mengambil keputusan ketika berada di laut.

Diharapkan dari Forum Komandan KRI ini dapat menghasilkan solusi dan pemecahan permasalahan yang selama ini terjadi di unsur-unsur Koarmabar. Selanjutnya pada kesempatan tersebut, Asops Pangarmabar menyampaikan beberapa penekanan Pangarmbar antara lain Operasi saat ini dalam situasi damai sehingga agar KRI lebih fokus dalam kegiatan Opskamla untuk penegakkan hukum di laut serta Komandan KRI harus profesional dan berani mengambil keputusan yang tepat dalam melaksanakan tugas.

Forum Komandan KRI ini dihadiri oleh para Komandan KRI jajaran Koarmabar, perwakilan Komandan KRI dari Kolinlamil, perwakilan Komandan KRI dari Pushidrosal serta para perwira pelaut Koarmaba.


0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6