LANTAMAL IV KERAHKAN DUA KAL SAR KAPAL YANG TEROMBANG AMBING DI PERAIRAN UTARA BINTAN

LANTAMAL IV KERAHKAN DUA KAL SAR KAPAL YANG TEROMBANG AMBING DI PERAIRAN UTARA BINTAN

Tanjungpinang 19 April 2018, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamam) IV mengerahkan dua Kapal Angkatan Laut (KAL) untuk membantu SAR kapal yang terombang ambing karena kehabisan bahan bakar. Kamis (19/4).

Berita tentang kejadian tersebut pertama kali diterima Pos Angkatan Laut (Posal) Berakit dan Lagoi dari Kantor SAR Tanjungpinang pada Kamis 19 April 2018 pukul 08.45 WIB. Informasi tersebut di terima dari Cost Guard Singapura yang telah berhasil menyelamatkan 4 dari 107 penumpang kapal 01 20 240 N - 104 24 966 E.

Berdasarkan informasi tersebut Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., segera memerintahkan unsur Satrol Lantamal IV yakni KAL Mapor dan KAL Anakonda untuk melalukan SAR terhadap kapal tersebut.

Dalam pelaksanaan SAR juga terlibat kapal Basarnas KN. Purworejo, kapal Polair Baladewa, kalal KPLP KN. Sarotama dan KN. Kalimsada.

Saat tiba di lokasi ditemukan kapal yang tinggal berpenumpang 102 tersebut terombang ambing di Perairan Utara Pulau Bintan karena kehabisan bahan bakar. Selanjutnya Tim SAR gabungan melakukan evakuasi semua penumpang ke kapal Baladewa milik Polair yang sebumnya juga telah menerima 4 orang penumpang dari Kapal Cost Guard.

Evakuasi pemumpang dapat berjalan dengan lancar dan seluruh pemumpang yang berjumlah 107 orang terdiri dari 76 laki-laki, 22 perempuan dan 4 anak-anak serta 5 orang ABK selamat. Selanjutnya di bawa menuju Dermaga Batu Ampar Batam dan ditangani instansi terkait.

Dari informasi yang diterima para penumpang kapal tanpa nama berlayar dari Malaysia dengan tujuan Tanjungpinang. (Penlantamal IV).

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6