Lestarikan Budaya Indonesia, Koarmabar Gelar Pagelaran Wayang Kulit

Lestarikan Budaya Indonesia, Koarmabar Gelar Pagelaran WayangLestarikan Budaya Indonesia, Koarmabar Gelar Pagelaran Wayang Kulit

Jakarta, 15 April 2018, -- Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) mengadakan Pagelaran Wayang Kulit Semalam Suntuk dalam rangka malam prajurit Koarmabar bersama pimpinan TNI AL dengan masyarakat, di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Jumat (13/4) Pagelaran Wayang Kulit yang dibuka untuk umum ini dimulai pada pukul 19.30 WIB.

Pangarmabar Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit ini merupakan ungkapan rasa syukur dan doa selamat bagi seluruh jajaran Koarmabar khususnya dan TNI Angkatan Laut pada umumnya. Acara ini dimaksudkan juga sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antara pemimpin dengan segenap prajurit Koarmabar sekaligus sebagai hiburan bagi seluruh prajurit dan masyarakat dalam rangka manunggal TNI dan rakyat serta ikut melestarikan budaya tradisional bangsa.

“Pada malam yang berbahagia ini akan ditampilkan wayang kulit dengan kisah “Pendowo Boyong” yang akan dilakonkan oleh Dalang Ki Purbo Asmoro, S.Kar., M.Hum., dari Surakarta Jawa Tengah. Kisah tersebut memiliki pesan moral yang patut untuk diteladani, bahwa pemimpin adalah seorang yang mampu membangun jiwa, dapat mengerti kehendak rakyat dan mampu berbuat adil. Semoga kita dapat mengambil keteladanan dari kisah yang akan dilakonkan dalam cerita ini demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara”, ujar Pangarmabar.

Selanjutnya, dalam sambutan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan Asrena Kasal Laksamana Muda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., mengatakan, pagelaran wayang kulit ini dalam rangka malam prajurit bersama Pimpinan TNI Angkatan Laut dan masyarakat, sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, juga sebagai salah satu sarana untuk memberikan pembelajaran tentang falsafah hidup yang dapat dijadikan panutan yang baik bagi kehidupan prajurit dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Usai sambutan, secara simbolis Danjen Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., didampingi Pangarmabar menyerahan lakon “Pandowo Boyong” kepada Dalang Ki Purbo Asmoro. Dalam pagelaran wayang kulit ini juga menghadirkan pelawak legendaris Gogon dan Cak Dikin.

Turut hadir menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut, para Pajabat Utama Mabes TNI Angkatan Laut, para Pangkotama TNI Angkatan Laut, para Pejabat Utama Koarmabar serta Ibu-ibu Jalasenastri dan Prajurit maupun Pegawai Negeri Sipil Koarmabar.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar