Operasi Patroli Bakamla RI Amankan Dua Kapal Diduga Berdokumen Palsu

Operasi Patroli Bakamla RI Amankan Dua Kapal Diduga Berdokumen Palsu

Kepri, 29 April 2018 (Humas Bakamla RI)--- Operasi patroli rutin Bakamla RI mengamankan dua kapal yang diduga memiliki dokumen palsu. Kali ini pengamanan dilakukan oleh KRI Silea-858, di Perairan Tg. Uban, Sabtu dini hari, kemarin.

Kejadian bermula saat kapal milik TNI AL yang sedang tergabung dalam operasi patroli Bakamla RI ini sedang melakukan pengawasan rutin, sekira pukul 01.45 wib melakukan pemeriksaan terhadap kapal kargo kayu KM Desi Indah.

Dari hasil pemeriksaan didapati pada dokumen kapal tertera keterangan bahwa kapal berukuran GT. 6, namun kenyataan dari fisiknya terlihat kapal berukuran di atas GT. 35. Selain itu ditemukan pula bahwa dokumen manifes tidak sesuai dengan muatan kapal. Saat diperiksa ditemukan kapal memuat sayuran, namun tidak disertai dengan sertifikat kesehatan tumbuhan antar pulau.

Pada lokasi yang berdekatan, diperiksa pula satu lagi kapal kargo kayu KM Restu 02, dan dari hasil pemeriksaan KRI Silea yang dikomandani Mayor Laut (P) Romi Sitorus, S.E. ini menemukan kejanggalan yang sama seperti pada KM Desi Indah.

Selanjutnya kedua kapal yang diduga melakukan pemalsuan dokumen dan ketidaklengkapan dokumen manifes muatan kapal dikawal menuju Dermaga Fasharkan Mentigi Tg. Uban untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.


Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

0 komentar:

Posting Komentar