RIBUAN KOWAL AMBIL BAGIAN PADA PUNCAK APEL BERSAMA TAHUN 2018

RIBUAN KOWAL AMBIL BAGIAN PADA PUNCAK APEL BERSAMA TAHUN 2018

Jakarta, 25 April 2018, Dalam rangka memeringati Hari Kartini tahun 2018, ribuan Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) ambil bagian pada puncak apel bersama Wanita TNI, Polisi Wanita (Polwan) dan Wanita Komponen Bangsa, dengan Inspektur Upacara (Irup) Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, bertempat di Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (25/04). Yang membanggakan bagi Kowal, salah satu Perwira Tinggi Kowal yaitu Kepala Dinas Kesehatan TNI Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI drg. Nora Lelyana, MH.Kes, telah dipercaya menjadi Ketua Panitia Pelaksana pada apel bersama tersebut.

Kegiatan ini diikuti sebanyak sepuluh ribu wanita dengan komandan apel Kolonel Chk (K) Dr. Tetty Melina S.H., M.H., yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pusdik Kowad Kodiklat TNI AD.  Dalam apel bersama tersebut diikuti oleh Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara Wanita TNI Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), Wanita Angkatan Udara (Wara), Polisi Wanita (Polwan), serta gabungan Wanita Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian dan Lembaga, Satpol PP, Tagana, Paskibraka, Menwa, Pramuka, serta perwakilan dari sejumlah organisasi wanita. 

Pada kegiatan puncak apel bersama tahun ini bertemakan "Wanita Indonesia Bersatu, Terwujud Pertahanan Negara yang Tangguh" yang juga diselenggarakan secara sinergi bersama Dharma Pertiwi, OASE Kabinet Kerja, Yayasan Kemala Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri dan Pia Ardhya Garini telah melaksanakan berbagai kegiatan rangkaian kegiatan apel bersama diantaranya bakti sosial di Pulau Pramuka pada 14 Maret, Berlayar Bersama di KRI Suharso-990 pada 5 April, Seminar Wanita Militer Asia Pasifik: The 1st Asia Pacific Military Women Seminar di Hotel Kartika Chandra pada 20-22 April serta lomba lari Kartini Run pada 22 April di Monas. 

Dalam sambutannya, Presiden RI mengatakan bahwa masyarakat Indonesia telah menyaksikan bahwa Korps Wanita TNI dan Polri saat ini semakin tampil di depan menjalankan fungsi dan tugas pokok TNI dan Polri dalam memberikan rasa aman dan pelayanan kepada masyarakat termasuk semakin banyak menduduki posisi strategis di lingkungan TNI dan Polri. Peran wanita semakin besar bukan karena kuota yang ditetapkan pemerintah, namun peran wanita semakin strategis karena masyarakat dan  pemerintah butuh peran wanita, peran unik wanita dalam memberikan rasa aman dan pelayanan yang  prima kepada masyarakat. “Saya bangga jumlah Korps Wanita TNI dan Polri semakin banyak dengan proporsi jabatan yang semakin besar yang juga menunjukan kontribusi saudari-saudari semua diakui dan harapan masyarakat juga semakin besar,” ungkap Jokowi.

Selain itu ribuan Kowal yang berkolaborasi dengan wanitan angkatan lainnnya dan wanita komponen bangsa berhasil mengguncangkan Monas dengan menampilkan berbagai atraksi demonstrasi antara lain, atraksi berkuda R.A. Kartini, atraksi motor gede Polisi Militer (PM) Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), Wanita Angkatan Udara (Wara) dan Polwan, terjun payung, pertunjukan Kolone Senjata, tari kolosal perjuangan Laksamana Malahayati, demonstrasi beladiri, penandatanganan deklarasi oleh Presiden RI, serta diakhiri dengan Ikrar Perempuan Indonesia. Diakhir kegiatan apel tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., beserta Ny. Nanny Hadi Tjahjanto menerima penghargaan dari Pendiri Museum Rekor Indonesia (MURI) Bapak Jaya Suprana atas prestasinya dengan memecahkan rekor nasional yaitu apel dengan peserta perempuan terbanyak di Indonesia dengan jumlah 10.977 orang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M., Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal  Laksdya TNI A Taufiq., Ketum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, Ketum Bhayangkari Ibu Tri Tito Karnavian, para Asisten Panglima TNI, Kabalakpus TNI dan para pejabat Angkatan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6