SATGAS TMMD 101 PEDULI KESULITAN AIR BERSIH WARGA LENGKONG LOR

SATGAS TMMD 101 PEDULI KESULITAN AIR BERSIH WARGA LENGKONG LOR

Nganjuk, Kecamatan Ngluyu termasuk daerah yang kering dan sulit untuk mendapatkan sumber mata air, hal itu juga dirasakan oleh warga yang mendiami desa Lengkong Lor Kecamatan Ngluyu. Selama ini warga desa banyak mengandalkan sumur resapan yang masih mengeluarkan sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan tidak semua warga memilikinya, karena sumur bor yang berada di tengah desa mengalami kerusakan dan tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh warga desa. Sabtu (28/04/2018)

Apalagi saat ini sudah memasuki awal musim kemarau dimana curah hujan di daerah ini semakin berkurang sehingga cadangan air tanah juga semakin berkurang dan berdampak pada banyaknya sumur warga yang mengering dengan demikian warga dalam mengambil air bersih untuk konsumsi sangat bergantung pada sumur warga yang masih mengeluarkan sumber air.

Melihat kenyataan tersebut Satgas TMMD 101 Kodim 8010/Nganjuk yang dikomandani Letkol Arh Sri Rusyono S, S.E yang juga selaku Dan Satgas tergerak untuk dapatnya meringankan kesulitan masyarakat di daerah tersebut dalam hal penyediaan dan pemenuhan sumber air bersih untuk konsumsi warga.

Hal tersebut dibuktikan dengan memperbaiki sumur bor yang selama ini mengalami kerusakan karena ada beberapa pipa yang sudah mulai berkarat dan tersumbat, sehingga air yang dihasilkan tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Satgas TMMD 101 bersama warga bahu membahu memperbaiki saluran air bersih dengan mengganti pipa yang sudah berkarat dan tersumbat.

“Sudah beberapa tahun ini kami warga desa tidak lagi bisa memanfaatkan sumur ini, karena air yang keluar sangat kotor dan kecil, sehingga kami harus mengambil air bersih dari sumur warga lain yang masih ada airnya, terkadang itupun kami harus mengantri.” kata Sumijan salah seorang warga desa Lengkong Lor.

Dengan adanya inisiasi dari Satgas TMMD 101 Kodim 0810/Nganjuk dalam hal perbaikan sumur bor, diharapkan masyarakat Desa Lengkong Lor tidak lagi mengalami kesulitan dalam hal pemenuhan air bersih untuk kebutuhan sehari hari bagi warga.

Sumur bor dengan kedalaman 90 meter tersebut sangat berarti bagi masyarakat desa Lengkong Lor, karena dengan berfungsinya kembali sumur tersebut maka akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi 83 kepala keluarga yang mendiami desa Lengkong Lor. (Pendim 0810)

0 komentar:

Posting Komentar