Sosialisasi Pencegahan Wabah Difteri di Yonbekang 2 Kostrad

Sosialisasi Pencegahan Wabah Difteri di Yonbekang 2 Kostrad

(Penkostrad. Senin, 30 April 2018). Merebaknya wabah Difteri di Kota Malang, Komandan Batalyon Bekang 2 Kostrad Letnan Kolonel Cba Edwar Rizal, S.Sos. bergerak cepat dengan mendatangkan tenaga penyuluhan dari Kesdam V/Brawijaya agar para prajurit dan keluarga Yonbekang 
Kostrad dapat mengetahui tentang pencegahan dan pengobatan wabah Difteri.

Kegiatan penyuluhan di pimpin langsung oleh Wakil Komandan Batalyon Bekang 2   Kostrad Mayor Cba R.H. Simatupang, S.Kom diikuti 60 orang anggota Militer  dan 30 Persit bertempat  di Aula Yonbekang 2 Kostrad. Senin (30/4/2018).

Dalam sambutanya Wadanyon Bekang 2 Kostrad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kesdam V/Brawijaya yang dipimpin Kapten Ckm Partono serta dr.Sri Wahyuni yang berkenan memberikan penyuluhan tentang pencegahan dan pengobatan wabah Difteri kepada anggota dan Persit Yonbekang 2 Kostrad.

Pada penyuluhannya dr. Sri Wahyuni menjelaskan bahwa Difteri merupakan penyakit yang menular melalui udara yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Bakteri ini menyerang saluran napas sebelah atas dengan gejala demam tinggi, sakit tenggorokan, susah menelan, dan kesulitan bernafas.

Bakteri ini ditularkan melalui percikan ludah dari batuk penderita atau benda maupun makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri. Ketika masuk dalam tubuh, bakteri melepaskan toksin (racun). Toksin ini menyebar melalui darah dan bisa menyebabkan kerusakan jaringan di seluruh tubuh, terutama jantung dan saraf serta dapat berakibat kematian. dr. Sri Wahyuni menyarankan agar seluruh prajurit dan keluarga Yonbekang 2 Kostrad agar selalu menjaga kebersihan diri, pangkalan serta perumahan.

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Putra Widyawinaya

0 komentar:

Posting Komentar