Tim WFQR Lantamal III Tangkap KM Nur Indah III Di Kep Seribu

Tim WFQR Lantamal III Tangkap KM Nur Indah III Di Kep Seribu


Jakarta, 6 April 2018, Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III/Koarmabar, menangkap Kapal Motor (KM) Nur Indah II pada posisi 06° 03’ 515’’ S - 106° 48’ 522’’ T di Perairan Pulau Ayer, Kepulauan Seribu yang kedapatan tidak dilengkapi surat-surat atau dokumen kapal sesuai aturan. 

Penangkapan bermula pada saat Satrol Lantamal III sedang melaksanakan patroli rutin di sekitar perairan Kepulauan Seribu, pada Selasa (03/04) dengan menggunakan kapal Patkamla Sepa, mendeteksi adanya sebuah kapal ikan sedang berlayar di daerah tersebut. Selanjutnya para prajurit yang bertugas di kapal Patkamla Sepa segera melaksanakan pemberhentian kapal dan melakukan pemeriksaan serta penggeledahan terhadap dokumen dan muatan kapal. 

Setelah dilaksanakan pengecekan dengan seksama terhadap kapal ikan berbobot 24 GT asal Palembang yang mengangkut udang dan ikan campuran sebanyak 5.642 kg itu ternyata ada beberapa dokumen kapal yang tidak lengkap, antara lain SPB, SLO dan crew list nihil. 

Pelanggaran dokumen lainnya yakni SIKPI habis masa berlakunya tanggal 11 Maret 2018, GT pada Pas Besar dengan SIKPI tidak sesuai, nama nahkoda di SKK tidak sesuai dengan identitas/KTP, SKK KKM/Motoris ada tapi orangnya tidak ikut berlayar dan buku SIJIL tidak sesuai riil.  

Atas dugaan awal tidak lengkapnya beberapa dokumen, maka KM Nur Indah III beserta 3 ABK dikawal menuju Dermaga Pondok Dayung untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar