TMMD Ke-101 Nganjuk : Tak Hanya Infrastruktur, Psikis Pun Dibangun

TMMD Ke-101 Nganjuk : Tak Hanya Infrastruktur, Psikis Pun Dibangun


Nganjuk. Selain memberikan bantuan fisik, berupa pembangunan jalan baru, perbaikan rumah warga, mushala, dan gedung sekolah, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dipusatkan di Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu, juga memberikan bantuan non-fisik. Diantaranya, pemberian santunan kaum dhuafa, pemutaran film layar tancap dan pengobatan gratis bagi warga setempat.

Komandan Kodim 0810/Nganjuk, Letkol Arh. Sri Rusyono menyampaikan, program TMMD sengaja mebantu desa tertinggal tidak hanya pembangunan fisik saja, melainkan non-fisik juga menjadi perhatian. Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga secara psikis. Seperti dilakukan oleh sejumlah Satgas TMMD beberapa hari terakhir, mereka mendatangi warga dengan meberi santunan bagi kaum dhuafa. “Agar dapat meringankan beban kehidupan mereka akan kebutuhan hidup sehari-hari,” jelas Letkol Arh. Sri Rusyono, Sabtu, 28 April 2018.

Selain itu, program TMMD juga menggelar pertunjukkan film layar tancap kepada warga Desa Lengkonglor. Kodim 0810/Nganjuk menggandeng Dinas Kominfo Pemkab Nganjuk untuk menyajikan hiburan berupa pemutrana film di lapangan desa setempat. Tujuannya, memberikan rasa senang, lantaran selama ini, pertunjukkan film jarang dinikmati oleh warga pinggiran tersebut.

Lebih-lebih, rasa kebersamaan terjalin saat warga berbondong-bondong memenuhi lapangan sekadar menyaksikan tayangan film layar lebar tersebut. Apalagi, tema judul film yang kepahlawanan, yakni Si Pitung dan Sepatu Dahlan. Kedua judul film tersebut mensyiratkan penanaman jiwa kepahlawanan pada generasi penerus bangsa untuk diteladani.

“Mereka hanya melihat film pada siaran pesawat televisi, bagi yang memiliki. Namun untuk warga lain, yang tidak memiliki televisi, hiburan film adalah suatu yang baru untuk ditonton,” tegasnya.

Bertikutnya adalah pengobatan gratis yang disiapkan bagi semua warga yang mebutuhkan untuk berobat. TMMD membuka Posko Kesehatan di salah satu rumah warga, dengan melibatkan paramedik dari Kodim 0810 Nganjuk. Ini untuk mebantu warga yang sakit, lantaran kesulitan biaya untuk berobat.

Tampak salah satu pasien, Yitno, (45) mendatangi posko kesehatan untuk berobat. Mantri Perhutani KPH Jombang ini kebetulan berkunjung di lokasi TMMD, lantas menyempatkan untuk berobat. Dia mengeluh, setiap hari, tubuhnya terasa lemas dan mengantuk di tengah menjalankan aktivitas.

“Kebetulan saya sedang piket ke Desa Lengkonglor, terus melihat ada posko kesehatan gratis yang diadakan oleh TMMD, terus saya mampir berobat sekalian,” jelas Yitno.
Serma Yusuf, paramedis Pos Kesehatan Kodim 0810/Nganjuk usai memeriksa keluhan Yitno menyampaikan, paiennya tengah mengalami tensi darah tidak stabil. Saat dicek, tekanana darahnya mencapai 140/90. Kondisi tekanan darah yang tinggi ini tampaknya yang menyebabkan pasien mengeluh sering lemas dan mengantuk.

“Langsung saya beri obat, dan saya sarankan untuk mengatur pola makan dan istirahat teratur,” tukasnya. (pendim 0810)

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6