TMMD Terobos Jalan Hutan Atasi Roda Ekonomi Warga Kendeng, Kerahkan 125 Prajurit TNI dan Libatkan Warga

TMMD Terobos Jalan Hutan Atasi Roda Ekonomi Warga Kendeng, Kerahkan 125 Prajurit TNI dan Libatkan Warga

Impian warga tengah Hutan Kendeng, Desa Lengkonglor, Kecamatan Ngluyu akan akses jalan tembus menuju Desa Losari Kecamatan Gondang tidak lama lagi terkabul. Menyusul kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 yang dilaksanakan oleh ratusan anggota TNI dari satuan Kodim 0810 Nganjuk bersama warga membangun jalan sepanjang sekitar 5,2 kilometer dengan lebar 5 meter. Dengan demikian, warga Ngluyu bakal memiliki dua akses jalan beraspal untuk menuju pusat kota Nganjuk. Bahkan, dengan dibukanya akses jalan baru ini, jarak antara Kecamatan Ngluyu menuju Kecamatan Gondang kian dekat.

Komandan Kodim 0810 Nganjuk, Letkol Arh. Sri Rusyono menyampaikan, sebelumnya, warga menempuh jarak sekitar 15 kilometer untuk menuju Desa Losari. Namun dengan akses transportasi baru ini, warga tidak lagi berputar, mereka cukup menempuh jarak sekitar 5,2 kilometer.

“Dengan akses jalan tembus ini, warga tidak perlu lagi berputar yang jaraknya cukup jauh, mereka bisa lebih dekat, apalagi jalannya lebih mulus,” terang Komandan Kodim Letkol Arh. Sri Rusyono, usai upacara pembukaan di lapangan Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Minggu, 29 April 2018.

Upacara pembukaan ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Plt. Bupati Nganjuk Abdul Wachid Badrus, sekaligus aba-aba dimulainya kegiatan TMMD.

Menurut Letkol Arh. Sri Rusyono, proses pekerjaan jalan tembus diperkirakan memakan waktu sekitar 30 hari sejak dibuka. Pekerjaan dengan sistem gotong royong melibatkan sedikitnya 125 prajurit TNI dibantu warga setempat.

“Tujuan pembangunan akses jalan tembus ini guna memperlancar roda perekonomian warga,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Letkol Arh. Sri Rusyono, untuk memudahkan para pelajar yang hendak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Semula warga yang hendak bebergian ke lain desa, mereka harus berputar sejauh 15 kilometer dengan kondisi jalan naik turun dan licin.

“Terutama anak-anak pelajar yang ingin sekolah harus melewati hutan dan persawahan dengan medan sulit. Karena jalannya cuma satu, mereka harus berputar yang jaraknya lumayan jauhnya, tapi setelahnya jalan baru ini dibuka, mereka tidak perlu berputar lagi,” harapnya.

Selain membangun akses jalan tembus, para prajurit TNI tersebut juga membantu memperbaiki puluhan rumah warga yang tidak layak huni, mushala dan sekolah.

Menariknya, selama pelaksanaan TMMD, para prajurit TNI berbaur dengan warga siang dan malam.

“Itulah tentara yang sesungguhnya, harus dekat dengan rakyat, makan dan tidur di rumah-rumah warga,” pungkasnya. (pendim_0810)

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6