Dengan Sigap, Lanal Ranai Berhasil Evakuasi Penumpang Kapal Kandas Di Perairan Sedanau

Dengan Sigap, Lanal Ranai Berhasil Evakuasi Penumpang Kapal Kandas Di Perairan Sedanau

Jakarta, 20 Mei 2018, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai dengan sigap mengerahkan  prajurit Posal Sedanau dan Posal Sabang Mawang dalam melakukan Search And Rescue (SAR) dan berhasil mengevakuasi penumpang beserta kru KM Bukit Raya yang kandas di perairan sedanau Natuna Utara, Jumat (18/05).

Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setiawan S.E, menjelaskan bahwa pelaksanaan SAR dan evakuasi penumpang beserta kru kapal yang berjumlah sekitar 200 orang tersebut dilakukan dengan gerak cepat oleh personel Posal Sedanau dan Posal Sabang Mawang dengan menggunakan 2 Buah Sea Rider. Danlanal menjelaskan bahwa informasi awal KM Bukit Raya kandas diterima oleh Danposal Sedanau An. Serma Jas Sukirno yang menerima laporan dari warga Sedanau An. Bpk Subur bahwa istrinya yang menjadi penumpang KM Bukit Raya menyampaikan berita via telpon bahwa KM Bukit Raya mengalami kandas di perairan Sedanau tepatnya di Karang Neneh. Atas dasar informasi tersebut, Danposal Sedanau melaporkan kejadian kepada Danlanal Ranai.

Danlanal Ranai segera memerintahkan Danposal Sedanau, Danposal Sabang Mawang untuk mengerahkan personilnya dibantu oleh Personil Faslabuh TNI AL Selat Lampa dengan menggunakan 2 searider untuk melaksanakan SAR dan evakuasi penumpang beserta kru KM Bukit Raya. Selain mengerahkan prajuritnya, Danlanal Ranai juga berkoordinasi dengan Unsur KKP dan Polairud di Selat Lampa dan masyarakat sekitar dalam melaksanakan evakuasi. Dengan menggunakan 2 Searider Lanal Ranai dibantu oleh KP Hiu 04 dan pompong masyarakat maka penumpang beserta kru KM Bukit Raya dapat dievakuasi menuju ke dermaga Selat Lampa. Seluruh penumpang dan kru dapat diselamatkan sehingga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kandasnya KM Bukit Raya tersebut. Sementara KM Bukit Raya yang mengalami kandas masih menunggu proses perbaikan sehingga mempengaruhi jadwal pelayaran kedepannya.(Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar