Memberdayakan potensi daerah melaui Festival Kuliner dan Produk Unggulan se Jawa Tengah

Memberdayakan potensi daerah melaui Festival Kuliner dan Produk Unggulan se Jawa Tengah

Dalam rangka memberdayakan potensi daerah di Jawa Tengah, maka Badan Penghubung Prov. Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah menyelenggarakan Festival Kuliner , Lomba Produk unggulan dan Lomba Kopi pada tanggal 12 dan 13 Mei 2018 di Anjungan Jawa Tengah TMII, yang diikuti oleh 35 Kabupaten dan Kota se Jawa Tengah.

Dengan mengangkat Tema “Memberdayakan potensi Bambu, Kayu , Craft dan makanan berbahan baku ikan sebagai produk unggulan Jawa Tengah”. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk lokal agar dapat bersaing dan memenangkan kompetisi dalam era globalisasi dewasa ini terutama dengan membanjirnya produk-produk asing ke Indonesia.


Sebagai Juara Kuliner Makanan Utama adalah Juara 1 Kab. Cilacap, Juara 2 Kab. Semarang, Juara 3 Kab. Klaten, Juara Harapan 1 Kab. Rembang, Juara Harapan 2 Kab. Temanggung, Juara Harapan 3 Kab. Kudus. Untuk Kategori Kudapan , Juara 1 Kab. Banjarnegara, Juara 2 Kab. Kebumen, Juara 3 Kota Semarang , Juara Harapan 1 Kab. Semarang, Juara Harapan 2 Kab. Purbalingga, Juara Harapan 3 Kab. Blora. Untuk Kategori Lomba Kopi, Juara 1 Kab. Cilacap, Juara 2 Kab. Tegal, Juara 3 Kab. Temanggung, Juara Harapan 1 Kab. Wonosobo, Juara Harapan 2 Kab. Karanganyar, Juara Harapan 3 Kota Surakarta. Para juara lomba mendapat hadiah uang pembinaan dan plakat kejuaraan.


Dalam memeriahkan kegiatan ini juga dilaksanakan Lomba Tari yang diikuti oleh Kabupaten se Jateng , Dialog Interaktif dengan Tema “Optimalisasi pemberdayaan peran perempuan dalam membentuk keluarga yang harmonis dan produktif “, Lomba Fashion Show yang diikuti oleh 30 orang peserta dan Gerak Jalan Santai PJT yang diikuti oleh 2.700 peserta dari seluruh Paguyuban dan Komunitas se Jawa Tengah. Selain untuk berolah raga juga sebagai ajang silaturahim dan membina rasa kebersamaan antar warga Jawa Tengah di perantauan. Acara diselingi dengan pembagian door prize kepada peserta lomba yang telah disediakan panitia lomba , berupa TV, Kulkas, Sepeda Gunung, Dispenser, jam tangan dan aneka peralatan elektronik lainnya.



Dalam sambutannya Ketua Umum PJT Bp. Leles Sudarmanto menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Paguyuban Jawa Tengah dalam meningkatkan dan memberdayakan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia khususnya di Jawa Tengah. Sedangkan Sekjen PJT Bp. Frahma Alamiarso, menyatakan bahwa Paguyuban Jawa Tengah menyambut baik dan mendukung penuh dalam mewujudkan setiap kegiatan yang dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan masyatakat Jawa Tengah dan dunia usaha dengan menggali dan memberdayakan semua potensi unggulan lokal, dan melakukan promosi produk unggulannya terutama di bidang Craft, Batik, makanan dari Ikan dan kreasi seni budaya agar menjadi salah satu aset wisata unggulan Jawa Tengah.
(Frahma Alamiarso)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA