Puluhan Personel Bakamla Latihan Menembak di Markas Korps Marinir 

Puluhan Personel Bakamla Latihan Menembak di Markas Korps Marinir 

Batam, 8 Mei 2018 (Humas Bakamla RI) --- Sedikitnya 30 personel Bakamla berlatih menembak di Lapangan Tembak Satria Bhumi Yudha Markas Batalyon Infanteri 10 Korps Marinir TNI Angkatan Laut, Stoko, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (08/05/2018). 

Personel yang terlibat merupakan awak KN. Belut Laut – 4806, personel Kantor Kamla Zona Maritim Barat, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Batam, serta Pangkalan Armada Bakamla Zona Maritim Barat.

Di bawah bimbingan 10 orang pelatih dari Korps Marinir, peserta mendapatkan materi berupa teori dan praktek tentang pengetahuan dasar menembak. 

Pelatihan yang diberikan meliputi Teknik Pernapasan, dan Teknik Membidik. Setelah mendapat pembekalan materi, peserta melaksanakan praktek membidik sasaran dengan jarak 100 meter, disertai dengan berbagai posisi, seperti sikap berdiri, berlutut, jongkok, dan tiarap.

Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda TNI Semi Djoni Putra dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., pada saat membuka latihan tersebut antara lain mengatakan, kegiatan menembak ini adalah sebagai upaya untuk mempertahankan kemampuan personil Bakamla sebagai penegak hukum di laut, khususnya pengawak kapal Bakamla di wilayah Kantor Kamla Zona Maritim Barat. Pelatihan ini telah menjadi agenda rutin dalam program Bakamla di masing-masing zona maritim setiap tahunnya.

Lebih lanjut, Deputi Opslat menyampaikan bahwa kemampuan menembak merupakan salah satu keterampilan dasar yang wajib dimiliki seorang personel Bakamla, khususnya yang bertugas di bidang operasi keamanan dan keselamatan laut. Hal ini penting untuk membekali diri agar siap dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya.

Deputi Opslat berharap latihan ini dapat membangun kepercayaan diri, kemampuan fisik, dan mental yang baik. Melalui latihan menembak, kita tingkatkan dan kembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, kemampuan, dan kecakapan personel Bakamla dalam menggunakan senjata. 

Pada kesempatan tersebut Deputi Opslat mengingatkan kepada para peserta latihan, agar memperhatikan dan menerapkan prosedur keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan. Peting untuk mematuhi semua instruksi yang disampaikan oleh pelatih untuk keselamatan bersama.
Turut hadir dalam acara pembukaan Latihan Menembak Wilayah Barat Tahun 2018, Kasubdit Penyelenggaraan Latihan Bakamla Kombes Pol Benny Iskandar, S.IK., M.Si., Pasiops Yonif – 10 Korps Marinir/SBY Mayor Marinir A.S.P. Nainggolan, Instruktur dan pelatih, serta jajaran pendukung latihan.

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla Mayor Marinir Mardiono
Foto-foto: Humas Bakamla

0 komentar:

Posting Komentar