Satgas Yonif Raider 323 Kostrad Rilis Film Pendek di Perbatasan “Senyum Pancasila di Ujung Timur Indonesia”

Satgas Yonif Raider 323 Kostrad Rilis Film Pendek di Perbatasan “Senyum Pancasila di Ujung Timur Indonesia”

(Penkostrad. Rabu, 23 Mei 2018).Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Kostrad belum lama ini merilis film pendek bertemakan Pancasila di channel Youtube. Film ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba karya kreativitas tentang Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Tema dan latar tempat yang cocok dengan nilai-nilai Pancasila dipilih dalam pembuatan film pendek ini.

Film berdurasi 5 menit ini mengisahkan tentang seorang Prajurit TNI yang ditugaskan diperbatasan dengan segala dinamika problem sosial yang buruk menurut bayangannya. Setelah mengetahui kondisi nyata di tanah Papua, ternyata tidak seburuk apa yang dibayangkan oleh sang prajurit, kondisi masyarakat yang majemuk bisa saling menghargai dan memiliki kesadaran akan arti penting Pancasila yang tinggi.

Menurut Dansatgas Letkol Inf Agust Jovan Latuconsina M. Si, (Han), "Kondisi di Papua terkadang memiliki persepsi negatif bagi orang yang belum pernah merasakan bagaimana kehidupan nyata di Papua, khususnya Bovendigoel". "Bagi kita yang hidup dan merasakan kerukunan antar warga di sini akan sadar bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya juga terdapat di Papua", tambahnya.

Film yang mengambil latar di Sekolah Dasar Negeri Inpres Asiki ini bertujuan untuk menegaskan kepada segenap warga negara tentang arti penting pengamalan nilai-nilai Pancasila. "Tidak ada lagi saling membeda-bedakan, harus saling menghargai, menyatukan tujuan dan cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia harus menjadi pemersatu seluruh elemen bangsa ini" tegasnya.

Autentikasi.
Kapen Kostrad, Letkol Inf Adhi Giri Ibrahim, S.I.P.

0 komentar:

Posting Komentar