SISWA HANG TUAH JAKARTA ARUNGI LAUT JAKARTA DENGAN KAPAL PERANG

SISWA HANG TUAH JAKARTA ARUNGI LAUT JAKARTA DENGAN KAPAL PERANG

JAKARTA, 3 Mei 2018 Sejumlah pengurus dan siswa yayasan Hang Tuah se-wilayah Jakarta, Kamis (3/5) mengunjungi Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dan sekaligus mengadakan joy sailing dengan KRI Surabaya 591 di perairan Teluk Jakarta. Joy sailing atau pelayaran untuk siswa ini merupakan kegiatan untuk pembinaan karakter bangsa dan ini merupakan keempat kalinya dilaksanakan oleh Yayasan Hang Tuah cabang Jakarta.

Pelayaran ini dilepas langsung oleh Ketua Umum Pusat Yayasan Hang Tuah Laksda TNI (Purn) Amri Husaini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), di lapangan M. Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Rombongan Yayasan Hang Tuah berjumlah 674 orang yang terdiri dari Pengurus, Guru dan siswa yang dipimpin Drs. Aris S. ini diterima langsung oleh komandan KRI Surabaya 591 Letkol Laut (P) Heru Syamsul Hidayat, S.Si.

Sebelum memulai pelayaran,  rombongan  berkumpul di Ball Room KRI untuk menerima penjelasan dari komandan dan perwira KRI tentang KRI Surabaya 591, yang meliputi negara asal pembuat, jenis, fungsi dan tugas pokoknya di jajaran TNI Angkatan Laut.

Menurut Ketua Rombongan Drs Aris S. yang sehari-harinya sebagai Kepala Sekolah di SMP Hang Tuah 2 Seskoal, tujuan diadakan joy sailing ini adalah untuk memberikan pengenalan tentang dunia kebaharian kepada seluruh peserta, utamanya kepada para siswa sebagai sarana penanaman jiwa kebaharian sejak dini dan sebagai aplikasi atas teori yang selama ini mereka terima di sekolah. Selain itu untuk mengenal lebih dekat salah satu kapal perang yang dimiliki oleh TNI AL beserta pengawaknya sebagai penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di Laut.

Selama pelayaran seluruh rombongan diajak berkeliling ke seluruh bagian kapal sambil menerima penjelasan dari ABK  tentang fungsi-fungsi masing-masing bagian kapal perang dan peralatan yang ada di dalamnya,    diantaranya anjungan, peralatan navigasi, peralatan komunikasi, peralatan keselamatan serta persenjataan yang ada di kapal perang.

Dan selama pelayaran itu pula, para siswa berserta para guru, pendamping dan Anak Buah Kapal (ABK) KRI Surabaya 591, melaksanakan ibadah keagamaan Peringatan Isra Miraj dengan penceramah Letkol Laut (KH) Harun Arrasyid, S.Ag, M.A., M.Tr (Hanla).

Usai joy sailing,  para peserta mengungkapkan sangat menikmati dan merasa senang bisa joy sailing dengan KRI Surabaya 591. Hal ini karena merupakan pertama kalinya bisa merasakan berlayar dengan kapal perang dan berharap di lain  kesempatan dapat berlayar dengan kapal perang kembali. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6