Spotmar Koarmada I Gelar Rakor Optimalisasi Binpotmar dan Sosialisasi Overlapping Perbatasan Wilayah Laut


Spotmar Koarmada I Gelar Rakor Optimalisasi Binpotmar dan Sosialisasi Overlapping Perbatasan Wilayah Laut

Jakarta, 14 Mei 2018, Staf Potensi Maritim (Spotmar) Komando Armada I menggelar Sosialisasi Overlapping Perbatasan Wilayah Laut dan Rakor dalam rangka Optimalisasi Binpotmar Koarmada I di Gedung Nanggala Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Senin (14/5).

Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadispotmar Koarmada I Kolonel Laut (P) Wahyu Endriawan menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk mengevaluasi kinerja Potmar Jajaran Koarmada I atas kegiatan yang telah dilaksanakan dan untuk menyatukan pandangan serta langkah kegiatan Potmar Jajaran Koarmada I di TW II, III dan IV. Dengan tujuan agar semua kegiatan yang telah terprogram dari Potmar Jajaran Koarmada I dalam membantu memajukan dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat khususnya di daerah pesisir dapat tercapai, yang mana secara tidak langsung akan dapat mengangkat nama baik TNI Angkatan Laut di mata masyarakat.

Ada beberapa kegiatan Potmar kedepan yang telah direncanakan seperti komunikasi sosial, pembinaan ketahanan wilayah dan karya bakti. Sebaiknya diselaraskan dengan kegiatan atau program yang hampir sama dari pemerintah daerah setempat di wilayah Jajaran Koarmada I, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan optimal dan bisa menyentuh langsung ke masyarakat pesisir.

Kegiatan yang direncanakan Potmar tersebut merupakan upaya TNI Angkatan Laut dalam membantu pembangunan di daerah, yang bertujuan untuk ikut serta didalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan juga memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga akan terwujud ketahanan wilayah laut yang tangguh dalam menghadapi setiap bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan. Oleh karena itu kegiatan yang telah terprogram ini alangkah baiknya kedepan lebih diarahkan pada pembangunan yang bersifat fisik dan non fisik, dimana sasaran kegiatan fisik lebih ditujukan kepada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul dibutuhkan untuk kepentingan masyarakat pesisir. Sedangkan kegiatan non fisik diarahkan untuk membangun dan meningkatkan nasionalisme serta kesadaran bela negara, sehingga menjauhkan masyarakat dari tindak kekerasan atau konflik dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi.  

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan peserta dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan kedepan serta mengetahui dan memahami dilanjutkan mensosialisasikan batas-batas wilayah laut NKRI dengan negara tetangga seperti dengan India, Thailand, Malaysia, Singapura dan Vietnam. Diharapkan kepada seluruh peserta nantinya untuk selalu melaksanakan koordinasi yang baik dengan unsur terkait lainnya dan berupaya untuk dapat memberikan kontribusi positif dalam mensukseskan program Potmar di tahun 2018.

 Kegiatan diisi dengan paparan dihadiri oleh Aspotmar Jajaran Koarmada I, Danlanal Jajaran Koarmada I, Kadispotmar Lantamal Jajaran Koarmada I, dan Paspotmar Lanal Jajaran Koarmada I.

0 komentar:

Posting Komentar