Aster Kasdam Jaya Bekali Pramuka Saka Wira Kartika Dengan Wawasan Kebangsaan

Aster Kasdam Jaya Bekali Pramuka Saka Wira Kartika Dengan Wawasan Kebangsaan

Kodam Jaya - Jakarta. Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto memberikan pengarahan kepada 60 pelajar perwakilan Pramuka Saka Wira Kartika dari seluruh Kodim di Aula A. Yani, Makodam Jaya , Jakarta Timur, Kamis (28/6/18).

Dalam kegiatan bertema ‘TNI AD Melalui Pembinaan Wawasan Kebangsaan TA 2018 Siap Membina dan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Guna Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Mempererat Ke-Bhineka Tunggal Ika-an Dalam Menjaga Keutuhan NKRI,’ini, Aster Kasdam Jaya menguraikan sejarah dan pengertian Wawasan Kebangsaan.

“Wawasan Kebangsaan terdiri dari dua suku kata yaitu ‘Wawasan’ dan ‘Kebangsaan’. Wawasan mengandung arti hasil mewawas tinjauan, pandangan dan dapat juga berarti konsepsi cara pandang. Wawasan Kebangsaan sangat identik dengan Wawasan Nusantara yaitu cara pandang bangsa Indonesia dalam mencapai tujuan nasional yang mencakup kumpulan, kumpulan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan Hankam,” jelas Aster.

Sedangkan ‘Kebangsaan’ berasal dari kata Bangsa yang berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa dan sejarahnya serta pemerintahan sendiri. ‘Kebangsaan’ mengandung arti ciri-ciri yang menandai golongan bangsa, perihal bangsa, mengenai yang bertalian dengan bangsa lain. Dengan demikian Wawasan Kebangsaan dapat diartikan sebagai konsepsi cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya,” jelas Aster lagi.

Dari sejarah dan pengertian yang disampaikannya, Aster kemudian memberikan pesan kepada generasi muda yang tergabung dalam Saka Wira Kartika Kodam Jaya ini agar memiliki jiwa patriot. “Kedepannya kita harus mempunyai jiwa patriot, sebagai generasi yang akan memegang tongkat estafet kepemimpinan masa depan, jiwa patriot sangat dibutuhkan sebagai pemersatu dan kemajuan NKRI,” tutup Aster.

0 komentar:

Posting Komentar