Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Bakamla RI Siap Sambut Kapal Jepang

Jakarta, 5 Juni 2018 (Humas Bakamla RI) Bakamla RI siap menyambut Kapal Tsugaru-02 milik Japan Coast Guard (JCG) yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara, 9 Juli mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. saat temu pagi, sesaat sebelum melaksanakan Apel Khusus pasca libur Lebaran di Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2018).

Menurut Laksma Eko Jokowiyono, kehadiran kapal dengan bobot mencapai 3.100 ton ini, dalam rangka Latihan Bersama Bakamla RI dengan JCG atau yang disebut juga Combine Exercise JCG – Bakamla RI di perairan Teluk Jakarta.

Latihan Bersama ini akan melibatkan beberapa unsur instansi maritim yakni Bakamla RI, Polair, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Badan SAR Nasional (Basarnas). Selain itu JCG juga mengirimkan unsur laut dan udara untuk bergabung dalam Latihan Bersama ini.

Rencananya latihan operasi laut gabungan ini akan mengerahkan kekuatan utama pengamanan laut dari kedua negara antara lain dari Bakamla RI satu kapal patroli KN Belut Laut 4806, satu Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) dan satu kapal patroli cepat Rigid Hulled Inflatable Boat (RHIB). Sebagai bentuk sinergitas, Polair mengerahkan satu kapal patroli KP Type B, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengerahkan KP Hiu/Hiu Macan, dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengerahkan KN Kelas II dan Helikopter. JCG sendiri mengirimkan satu kapal jenis Patrol Vessel Large (PLH) Tsugaru-02 lengkap dengan helikopternya.

Selain menggelar operasi laut, latihan bersama ini juga akan melakukan kegiatan seminar yang membahas beberapa hal seputar keselamatan dan keamanan maritim. Kegiatan ini sekaligus sebagai wujud 60 tahun persahabatan dan kerjasama RI dengan Jepang yang semakin erat.

Kapal Tsugaru-02 rencananya akan sandar di Pelabuhan Tanjung Priok JICT pada 9/7. Setelah melalui prosesi penyambutan kapal, delegasi JCG akan melakukan kunjungan resmi ke Kantor Pusat Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jakarta Pusat.

Selain itu, kegiatan lainnya juga dilakukan untuk mempererat hubungan antar personel di kedua instansi. Kunjungan hari berikutnya di Jakarta, akan diisi dengan kegiatan olah raga bersama personel Bakamla RI. Kunjungan langsung ke Kapal Tsugaru-02 juga akan dilakukan guna mengetahui lebih dekat salah satu sarana dan prasarana dari JCG.

Autentikasi Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono

0 komentar:

Posting Komentar