Langkah Pasti Hadapi Asian Games 2018, Proyek PLTGU Jawa 2 Sukses Jalankan Commercial Operation Date (COD) Gas Turbine #4-1

PLN Mengabdi Untuk Negeri, Langkah Pasti Hadapi Asian Games 2018, Proyek PLTGU Jawa 2 Sukses Jalankan Commercial Operation Date (COD) Gas Turbine #4-1

PLN semakin berkomitmen dalam peningkatan keandalan kelistrikan DKI Jakarta. Kali ini PLN sukses menjalankan Commercial Operation Date (COD) Gas Turbine (GT) #4-1 proyek PLTGU Jawa 2 pada Kamis (04/6), bertempat di PLTGU Jawa 2, Priok. Berlokasi di area PT Indonesia Power UPJP Priok dengan luas area sebesar ± 5,2 Ha, Proyek PLTGU Jawa 2 ini akan memproduksi daya sebesar 800 Megawatt (MW) yang berasal dari Gas Turbine (2x300 MW) dan Steam Turbine (1x200 MW).

Proyek PLTGU Jawa 2 pengerjaannya dibawahi oleh PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) dengan pelaksanaan oleh PLN Unit Pelaksana Proyek Pembangkit Jawa Bagian Barat (UPP PJBB) 2. Keberhasilan pelaksanaan Commercial Operation Date (COD) ini menjadi simbol bahwa PLTGU Jawa 2 untuk GT #4-1 telah siap dioperasikan melalui sistem transmisi Jawa-Bali dengan kapasitas daya sebesar 300 MW sejak tanggal 4 Juni 2018.



Disela acara tersebut, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS, mengatakan adanya Commercial Operation Date (COD) ini siap melayani kebutuhan pasokan listrik DKI Jakarta. “PLTGU Jawa 2 (1x800 MW) siap dioperasikan dan menyalurkan energi listrik untuk melayani kebutuhan kepada masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya,” paparnya.

Evakuasi daya yang dihasilkan oleh PLTGU Jawa 2 akan disalurkan melalui GISTET 500 kV Priok, selanjutnya dari IBT 500 kV/150 kV akan disalurkan ke sistem jaringan 150 kV ke arah GIS 150 kV Priok Timur Baru dan GIS 150 kV Priok Barat. Kebutuhan gas PLTGU Jawa 2 ini disuplai dari Nusantara Regas (NR) dengan pemakaian gas sekitar 72,82 BBTU untuk pengoperasian 1 unit GT (Gas Turbin) pada beban 300 MW.

Proyek ini merupakan perwujudan nyata program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW dengan jalur transmisi baru sepanjang 46.000 kilometer sirkit (kms). Penyelesaian proyek PTGU Jawa 2 (1x800 MW) akan memberikan manfaat besar bagi ketersediaan pasokan listrik di DKI Jakarta, khususnya kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah dalam event internasional Asian Games 2018 yang dihelat pada 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 nanti.


Haryanto WS juga mengungkapkan, bahwa pada saat hari raya Idul Fitri terjadi penurunan jumlah pemakaian listrik di Jakarta dan sekitaranya hingga 30%, untuk itu pihaknya akan melakukan perawatan pemeliharaan beberapa mesin pengbangkit listrik di Jakarta dan sekitarnya, tegasnya.

Ratna Syamsudin GM Wilayah Jawa Bagian Barat juga menambahkan, bahwa pihaknya bersyukur proyek besar yang ditangani Regional Jawa Bagian Barat, sesuai jangka waktu yang telah ditetapkan, ini proyek pertama yang berhasil berjalan tepat waktu, dan dapat terselesaikan dengan baik, ini atas kerjasama yang baik jajaran Unit Jawa Bagian Barat bersama Mitsubisi dan Wasamitra, kedepan tantangan makin besar dan jumlah proyek juga semakin banyak, untuk itulah kita  dituntut untuk bekerja lebih profesioal lagi, dan saya yakin dengan semangat seluruh jajaran Unit JBB dan Regional Jawa Bagian Barat semua dapat terselesaikan dengan baik, ungkapnya.



Robert Apriyanto Purba, Kepala Divisi Regional Papua juga menambahkan, bahwa sinergi seluruh jajaran Unit dan Regional Jawa Bagian Barat sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menyelesaikan pekerjaan. Teguran, bimbingan maupun arahan dari PLN Pusat telah membangun semangat konstuktif untuk memperbaiki kinerja dan performance kedepan yang lebih baik lagi, sehingga pekerjaan bisa tepat waktu sesuai jatwal pengerjaan, bahkan lebih cepat dari jatwal kontrak kerja, untuk itu kami mengapresiasi pada Wasamitra dan Mistubisi yang telah bekerja keras, sehingga menghasilkan karya yang baik dan tepat waktu, tegasnya. (Nurul).

0 komentar:

Posting Komentar