Antisipasi Asap, Pangdam Pantau Pemadaman Api Dari Udara

Antisipasi Asap, Pangdam Pantau Pemadaman Api Dari Udara

PALEMBANG- Pangdam II/Sriwijaya, Mayor Jendral TNI AM Putranto bersama Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kepala BPBD Sumsel Iriansyah memantau langsung proses pemadaman kebakaran hutan di Kecamatan Pedamaran, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

"Kita ingin pastikan proses pemadaman kebakaran hutan berjalan dengan baik dan lancar. Telah ada 600 personel gabungan yang dikerahkan dan disebar dalam 60 tim ke titik-titik merah," ujar Mayjen TNI AM Putranto, didampingi Komandan Satgas Penanggulangan Karhutla Sumsel, Kolonel Inf Imam Budiman, Jumat (20/7).

Menurut AM Putranto, kebakaran hutan ini harus segera dipadamkan. Sebab pada Agustus mendatang, Sumatera Selatan menjadi salah satu tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Dikhawatirkan jika tidak, akan ada paparan asap yang menuju ke wilayah Palembang.

Dari data yang diperolehnya dari Satgas Penanggulangan Karhutla Sumsel, ada 53 wilayah yang rawan karhutla. Dan 33 titik, asapnya bisa mengarah ke kawasan Jakabaring, venue Asian Games.

"Tim telah berhasil melakukan pemadaman bersama regu pemadam perusahaan dan masyarakat peduli api. Lalu dilanjutkan juga dengan mengerahkan helikopter untuk water bombing, agar lahan basah," ungkapnya.

Sementara Irjen Pol Zulkarnain Adinegara sebelumnya telah menegaskan segera melakukan penyidikan penyebab kebakaran hutan kali ini. Ia pun mengharap peran serta masyarakat sekitar menjaga alam.

"Menurut pengamatan kami, ini bukan bencana alam. Namun (sengaja) dibakar. Oleh karena itu, kami fokus melakukan penyidikan. Saya harap masyarakat sadar untuk tidak melakukan pembakaran. Mari bersama menjaga lingkungan untuk keberlangsungan hidup anak cucu," tandasnya. (Badar)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA