Bakamla RI Matangkan Rencana Operasi Udara Maritim

Bakamla RI Matangkan Rencana Operasi Udara Maritim


Jakarta, 31 Juli 2018 (Humas Bakamla) --- Dalam menjalankan tugas utama melakukan patroli keamanan dan keselamatan laut, Bakamla RI turut memaksimalkan tugas tersebut dengan melakukan pemantauan melalui udara. Oleh karenanya, Bakamla RI menggelar Operasi Udara Maritim yang merupakan salah satu bagian penting dalam perolehan informasi situasi keamanan dan keselamatan laut. Hal ini diawali dengan pelaksanaan Rapat Koordinasi Operasi Bhuana Nusantara Tahun 2018, di Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018). 

Kegiatan ini dibuka dengan pembacaan Sambutan Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla RI oleh Direktur Operasi Udara Maritim Bakamla RI Laksma TNI Guntur Wahyudi. 

Rapat Koordinasi ini merupakan tahap awal guna tercapainya sinkronisasi atau sinergitas dalam menggelar rencana kegiatan operasi, baik dalam penyesuaian waktu ,sasaran, tempat atau cakupan area operasi, serta tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi terkait. Hal tersebut juga sesuai dengan salah satu amanat Presiden Nomor 178 Tahun 2014 Tentang Bakamla, yaitu menyinergikan dan memonitor pelaksanaan instansi keamanan laut, serta menyelenggarakan sistem pemantauan dini keamanan dan keselamatan di laut.

Acara dilanjutkan dengan paparan singkat rencana Operasi Bhuana Nusantara Tahun 2018 oleh Kasubdit Penyelenggara Operasi Udara Maritim Kolonel Pnb Joko Triwibowo. Fokus pembahasan mengenai permasalahan dan isu terkini yang kerap kali terjadi di laut.

Rapat Koordinasi ini juga sekaligus menjadi wadah diskusi terkait maksimalisasi kegiatan operasi. Selama berlangsungnya diskusi, masing-masing perwakilan instansi yang hadir antara lain POLRI, BASARNAS, PSDKP, TNI AU, dan AIRNAV Indonesia saling bertukar informasi dan berbagi permasalahan yang sedang dan mungkin akan terjadi. Selain itu, diskusi mengenai rute udara, serta integrasi sistem peringatan dini dengan tiap instansi, turut pula dibahas.

Jajaran pejabat Bakamla RI yang turut hadir dalam kegiatan ini antara lain: Direktur Operasi Laut Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han), Direktur Latihan Laksma TNI Eko Jokowiyono, S.E. M.Si., Kepala Biro Perencanaan Laksma TNI Dr. Drs. I Wayan Warka, M.M., Inspektur Bakamla RI Brigjen Pol Sarono, M.H., dan Direktur Data dan Informasi Laksma TNI Gendut Sugiono, S.H.


Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono
Foto-Foto: Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6