Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 0502/JU Gelar Tes Urine Dadakan

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Kodim 0502/JU Gelar Tes Urine Dadakan

Perang melawan narkoba terus digalakan bahkan puluhan Prajurit dan PNS Kodim 0502/JU didadak untuk melaksanakan tes urine selepas apel pagi. Hal tersebut dilakukan sebagai antisipasi untuk pemberantasan, penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba (P4GN) bagi para prajurit dan PNS khususnya di lingkungan Kodim 0502/JU, Kamis (5/7).

Jika ada prajurit Kodim yang terbukti mengkonsumsi narkoba, maka sanksi yang dijatuhkan berupa diberhentikan dengan tidak hormat. “Kami akan koordinasikan dulu, Kalau memang benar-benar positif, tentu tidak bisa di tolerir,” tegas Komandan Kodim 0502/JU Letkol Arm Arif Rahman S.Sos MM, saat didampingi Pasi Intel Kapten Arm T. Sigit Wibowo S.Pd.

Menurutnya, kegiatan ini dalam rangka pencegahan pemberantasan penyalahgunaan terhadap peredaraan gelap narkoba (P4GN). Kegiatan dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali. Kali ini, prajurit yang mengikuti tes urine merupakan anggota Unit Intel, Koramil, dan dari anggota markas Kodim 0502/JU. “Meski kegiatan rutin, tapi kami tidak memberi tahu kepada prajurit. Ini sifatnya dadakan,” katanya.

Dandim 0502/JU Letkol Arm Arif Rahman S.Sos M.M menuturkan, tes urine kali ini mengacu pada enam parameter, yaitu zat amfetamin, ganja, morfin, benzodiazepin, metamfetamin atau sabu, dan kokain. Jika hasil tes urine prajurit mengandung dari salah satu parameter itu, maka diduga mengkonsumsi narkoba. Namun demikian, dugaan itu belum bisa dipastikan positif mengkonsumsi. Sebab, harus melalui berbagai tahapan.

“Kalau positif, nanti di tes ulang lagi. Jika hasil tes ulang ternyata masih positif, berarti memang mengkonsumsi narkoba,” pungkas Arif.

Sementara hasil test yang dilakukan oleh tim pelaksana pengecekan urine yang dipimpin Pasi Intel terdiri dari anggota staf Intel, provost dan tim kesehatan menunjukkan bahwa seluruh anggota Kodim 0502/JU terbebas dari penyalahgunaan Narkoba dan sejenisnya, tutup Pasi Intel.

0 komentar:

Posting Komentar