GUNA MEMAHAMI TENTANG TERORISME DAN RADIKALISME, DANRAMIL 1310-06/AIRMADIDI BERIKAN MATERI DI SMK KLABAT

MINAHASA UTARA - Bertempat di SMK Klabat Kel. Sarongsong 1 Kec. Airmadidi Kab. Minut, Danramil 1310-06/Airmadidi Mayor Inf Gusnawan M. Kawa memberikan materi Terorisme & Radikalisme kepada para Siswa/Siswi SMK Klabat, (20/7/2018).
Pada kesempatan itu, Danramil menjelaskan mengenai faktor-faktor umum munculnya radikalisme yaitu karena adanya interprestasi doktrin yang cenderung sempit, kesetiaan dan solidaritas kelompok, reaksi atas suatu penindasan, benturan budaya, konflik kepentingan, ekonomi, politik, dan hukum, dendam sejarah, perpaduan dari kesemua unsur tersebut, ditambah semangat purifikasi doktrin.
Di sinilah peran keluarga dan sekolah untuk menanamkan nilai kebenaran universal bersama sejak dini tanpa harus menggadaikan keyakinan pokok dasar keagamaan. Membiasakan saling berbaur satu sama lain antar pemeluk agama, menjalin kerja sama dalam urusan sosial, dan kemanusiaan serta menghindari bentuk eksklusif di masyarakat perlu ditanamkan sejak dini agar menjadi paparan positif yang ikut masuk ke otak mereka, Ujar Danramil.
Aksi terorisme yang banyak terjadi belakangan ini di Indonesia adalah pelajaran bagi kita semua untuk saling menghargai antar sesama. Pendidikan di masa kecil tentang pentingnya menghargai nilai-nilai kemanusiaan akan mencegah anak-anak dari tindakan yang akan menyakiti orang lain, tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar