Jaga Keamanan Laut, Lanal Sabang Gelar Patroli Terpadu Bersama Unsur Maritim

Jaga Keamanan Laut, Lanal Sabang Gelar Patroli Terpadu Bersama Unsur Maritim

Jakarta, 30 Juli 2018, Dalam rangka menertibkan pelayaran di laut, Lanal Sabang bekerja sama dengan Unsur Maritim Kota Banda Aceh dan Polairud Polda Aceh melakukan patroli yang dipusatkan di Posal Lampulo Banda Aceh, Sabtu (28/07).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Edi Haryanto, S.E., melalui Komandan Pos Angkatan Laut (Posal) Lampulo Pelda Nav Edi Siswanot mengatakan bahwa pelaksanaan patroli yang diberi nama Giat Patroli Terpadu di wilayah Perairan Selat Benggala, Perairan Pulau Aceh dan Perairan Sabang untuk menertibkan keamanan bagi pelaut, katanya.

Ditambahkan, kegiatan tersebut diprakarsai Dinas Kelautan dan Perikanan (KKP) Provinsi Aceh, hal itu untuk mengsosialisasi dan penertiban tentang dokumen kapal, crew list, alat keselamatan awak kapal dan sosialisasi larangan pengeboman ikan dengan potasium dan ilegal fishing. Selain itu, juga sebagai pengawasan sumber daya perikanan khususnya ekosistem terumbu karang.

Kegiatan ini melibatkan unsur patroli terpadu diantaranya DKP Provinsi Aceh/PPNS, PSDKP Lampulo, Posal Lampulo dan Polairud Aceh. Pelaksanaan Patroli Terpadu yang diPimpin langsung Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Ibu Cut Yusminar, A.Pi., M.Si, yang rutin dilakukan sebagai wujud sinergitas antara instansi di bidang maritim demi menjamin keamanan para nelayan mencari ikan dan menjaga ekosistem laut tetap terpelihara, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan Perikanan Provinsi Aceh Cut Yusminar,A.PI, M.Si, menambahkan kegiatan patroli laut perlu terus dilakukan untuk memberi keamanan sekaligus ketertiban bagi pelaut. Dengan dilakukan kegiatan patroli secara terpadu, masyarakat nelayan akan terjaga keselamatan dan ketertiban dalam administrasi serta dokumen, izin berlayar sesuai Undang-undang yang berlaku.

Kami mengucapkan terima kasih banyak TNI AL dalam hal ini Lanal Sabang, yang telah melakukan berbagai upaya dalam rangka menjaga keamanan di laut, ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar