Kunjungi Koarmada I, Kasal Beri Pengarahan Kepada Seluruh Perwira

Kunjungi Koarmada I, Kasal Beri Pengarahan Kepada Seluruh Perwira

Jakarta, 19 Juli 2018--Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI siwi Sukma Adji, S.E., M.M., memberikan pengarahan kepada seluruh Perwira menengah yang berdinas di Koarmada I bertempat di Aula Yos Sudarso. Pengarahan tersebut dilaksanakan saat Kasal mengunjungi Mako Koarmada I, Kamis (19/07).

Dalam pengarahannya, Kasal menyampaikan penekanan terkait dengan program kerja pemerintah dalam bidang pertahanan dan keamanan yang diselaraskan dalam program 100 hari kerja Panglima TNI diantaranya yaitu TNI AL wajib mendukung program pemerintah yang merupakan gagasan Presiden RI untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sehingga TNI AL harus dapat mengimplementasikan program pemerintah tersebut didalam tugas-tugas TNI AL. Selain itu TNI AL harus bisa menjadi salah satu tulang punggung dalam mendukung dan membentuk Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Selain itu, Kasal menjelaskan bahwa sesuai arahan Presiden bahwa pengembangan kekuatan TNI AL diarahkan ke wilayah timur/Sorong. Hal tersebut telah diwujudkan dengan terbentuknya Koarmada III serta Pasmar III yang telah diresmikan oleh Panglima TNI pada bulan Mei 2018 lalu. 

"Panglima TNI menyampaikan bahwa tahun 2018 adalah Tahun politik. Untuk itu, Prajurit TNI AL harus pandai dalam menyikapi situasi politik dengan tetap memegang teguh netralits TNI" ujar Kasal. 
Selain itu, para prajurit TNI AL harus memiliki pengetahuan dan mampu membaca serta memahami situasi disekitar kawasan terutama geopoltik dikawasan.

Untuk menghadapi situasi tersebut, maka setiap perwira memiliki tugas dan tantangan yang berat dalam membangun Profesionalisme, disiplin, militansi dan loyalitas para prajurit. Pemimpin/ Komandan harus ksatria, peduli serta harus dapat menjadi contoh bagi bawahannya. 

Diakhir pengarahannya, Kasal menyampaikan bahwa setiap perwira adalah pemimpin. Maka kepemimpinan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan.
Kasal berpesan bahwa sebagai generasi penerus maka memiliki kewajiban dalam mengasah dan menambah ilmu pengetahuan sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi perkembangan TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pengarahan Kasal tersebut dihadiri oleh Pangkoarmada I, Pangkolinlamil, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Aspotmar Kasal, Kadispotmar, Kadiskomlekal, Kadispotmar dan Kadispenal. Sementara dari perwira Koarmada I dihadiri oleh Kaskoarmada I, Ks Guspurla Koarmada I, para Asisten Pangkoarmada I, para Dansat dan Kasatker dijajaran Koarmada I serta para Dan KRI jajaran Koarmada I.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA