MTF TNI KONGA XXVIII-J UNIFIL LATIH VBSS PADA ANGKATAN LAUT LEBANON

MTF TNI KONGA XXVIII-J UNIFIL LATIH VBSS PADA ANGKATAN LAUT LEBANON

Satuan Tugas (Satgas)  Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interm Forces In Lebanon (UNIFIL) dipercaya memberikan latihan Boarding atau latihan pemeriksaan kapal kepada Tim Visit Board Search Seizure (VBSS) Lebanese Armed Forces Navy (LAF Navy) dengan menggunakan  KRI Usman Harun-359 di laut Medierania, baru-baru ini.

Dansatgas MTF yang juga merupakan Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Alan Dahlan dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa latihan pemeriksaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan LAF Navy dalam melaksanakan pengamanan maritim yang merupakan salah satu tugas pokok MTF UNIFIL. Selain itu, juga untuk meningkatkan interoperability CRS dengan tim VBSS LAF Navy terutama pengerahan pasukan menggunakan RHIB.


Dalam aksinya Tim VBSS LAF Navy membagi dua tim yang bergerak secara terpisah menuju anjungan dan koridor utama kapal. Tim pertama tiba di anjungan melalui geladak torpedo dan segera melakukan pemeriksaan terhadap Kapten dan empat kru kapal. Setelah diperiksa, empat kru kapal diamankan oleh tim kedua VBSS LAF Navy, sedangkan Kapten kapal dibawa masuk ke dalam anjungan oleh tim pertama untuk pengecekan berkas-berkas serta penggeledahan terhadap muatan kapal.

Selanjutnya tim VBSS LAF Navy menemukan bahwa berkas-berkas kapal cukup meragukan dan setelah dilaksanakan penggeledahan berulang kali,  tim VBSS LAF Navy menemukan barang terlarang yang dibawa oleh kapal tersebut sebagai tanda latihan berakhir.

Usai Latihan, Komandan tim VBSS LAF Navy Lieutenant Ellie el Sayah memerintahkan seluruh anggotanya berkumpul di anjungan untuk melaksanakan debrief dari tim penilai yaitu Letda Laut (P) Damartama PAN, S.Tr.Han selaku Boarding Officer dari KRI Usman Harun-359. Tim penilai dari KRI Usman Harun-359 menyampaikan hasil secara singkat kegiatan yang telah dilaksanakan oleh personel tim VBSS LAF Navy dimulai dari penyampaian pre-boarding instruction terhadap kapal target, gerakan pengamanan visual mengelilingi kapal target dan penanganan terhadap kapten dan ABK kapal target.

0 komentar:

Posting Komentar