PERINGATAN HUT KE-57 KOLINLAMIL, MOMENTUM INTROSPEKSI DAN EVALUASI UNTUK TINGKATKAN KINERJA

PERINGATAN HUT KE-57 KOLINLAMIL, MOMENTUM INTROSPEKSI DAN EVALUASI UNTUK TINGKATKAN KINERJA

Jakarta, 3 Juli 2018, Komando Lintas Laut Militer ( Kolinlamil ) pada 1 Juli kemarin genap berusia 57 tahun. Puncak peringatannya digelar hari ini dengan upacara militer dipimpin Kepala  Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. di Lapangan Laksda M. Silam, Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Selasa (3/7).

Beberapa petinggi TNI AL Turut hadir termasuk mantan panglima Kolinlamil dan sejumlah tamu undangan khusus lainnya. Peserta upacara diikuti dari beberapa kesatuan diantaranya dari Yon Bekang Air, Yon Arhanudse 6, Yon Marhanlan Lantamal III, Polair dan instansi maritim lainnya.

Kasal dalam amanatnya mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut berupaya melaksanakan pembangunan kekuatan dan pembinaan kemampuan sesuai dengan program Minimum Essential Force (MEF) yang disesuaikan dengan kebutuhan operasional. dalam renstra TNI Angkatan Laut 2015-2019, maupun 2020-2024 direncanakan pengadaan beberapa unsur Landing Platform Dock (LPD) dan Landing Ship Tank (LST) untuk memperkuat jajaran kolinlamil, serta penghapusan beberapa unsur sesuai prioritas.

“Diharapkan Kolinlamil dapat terus berkiprah secara optimal sebagai pertanggungjawaban kepada bangsa Indonesia” ujar Kasal

Hadirin dihibur dengan berbagai aktraksi antara lain penampilan para karateka dan Real Fighter binaan Kolinlamil dan Kolintang Jalasenastri Kolinlamil.

Dan yang membuat para hadirin terkejut dan tegang, saat tiba-tiba muncul asap putih dari deck KRI Banda Aceh 593, dan teriakan awak KRI bahwa telah terjadi kebakaran. Dengan sigap para prajurit langsung mengambil peran kebakaran, tim pemadam kebakaran dan ambulance Diskes Kolinlamil segera dengan cepat memadamkan api serta mengevakuasi prajurit KRI yang diindikasikan terkena dampak kebakaran tersebut.

Ternyata itu adalah bagian dari demo atraksi peran kebakaran dari para prajurit Kolinlamil yang seketika usai demo peran kebakaran, langsung keluar miniatur KRI dengan membawa tumpeng sebagai simbol HUT Kolinlamil ke-57.

Dalam kesempatan itu, Panglima Kolinlamil Laksamana Muda TNI R. Achmad Rivai, S.E., M.M. menyampaikan rasa syukur dengan diperingatinya HUT Kolinlamil hari ini. “Peringatan hari ulang tahun ke-57 kolinlamil merupakan ungkapan rasa syukur,  serta menjadi momentum introspeksi dan evaluasi untuk meningkatkan kinerja,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan tugas utama Kolinlamil. “Di dalam operasional Kolinlamil bertugas mengkoordinasikan dan menyusun rencana serta program angkutan laut untuk seluruh jajaran TNI dan POLRI sebagai kotama pengembangan tugas operasional dengan mengoperasikan beberapa KRI dari berbagai jenis di Antara lain pengangkutan Tank, personel TNI dan berbagai jenis landing platform,” katanya menambahkan.

Saat ini, unsur unsur KRI Kolinlamil di bawah binaan Kolinlamil yaitu KRI Teluk Amboina 503, KRI Teluk Manado 537,  KRI Teluk Hading 538, KRI Banda Aceh 593,  KRI Mentawai 959, KRI Tanjung Kambani 971, KRI Tanjung Nusanive 973 dibawah Satlinlamil Jakarta. Dan dibawah Satlinlamil Surabaya diantaranya         KRI Teluk Ratai 509, KRI Teluk Bone 511, KRI Teluk Parigi 539, KRI Teluk Lampung 540, KRI Banjarmasin 592, serta KRI Bintuni 520. (Dispen Kolinlamil)

0 komentar:

Posting Komentar