Perkuat Kemannuggalan TNI Dan Rakyat, Lantamal II Padang Beri Penyuluhan Pada Nelayan

Perkuat Kemannuggalan TNI Dan Rakyat, Lantamal II Padang Beri Penyuluhan Pada Nelayan

Jakarta, 20 Juli 2018, Untuk mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II selenggarakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI tahun 2018 dengan tema “Melalui Komsos TNI kita pelihara netralitas dan kemanunggalan dengan rakyat untuk mewujudkan TNI yang siap melaksanakan tugas pokok” bertempat di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Jum’at (20/7).

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberikan penyuluhan kepada masyarakat dan nelayan tentang membangun karakter bangsa guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi ancaman nyata bangsa Indonesia yang disampaikan oleh Perwakilan Kemhan Sumatera Barat dan Peran Lantamal II dalam penanganan illegal fishing dan pencegahan kecelakaan nelayan di laut yang sampaikan oleh Kadiskum Lantamal II Letkol laut (KH) Soniady D Sadarisman, S.H., M.H., serta penyerahan secara simbolis Jaket Penolong (Life Jackets) alat keselamatan di laut dan sembako sebagai tali asih oleh Komandan Lantamal II dan pemerintah daerah kepada masyarakat nelayan.

Dalam sambutannya Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Agus Sulaeman, M.Sc., mengatakan bahwa Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki heterogenitas yang tinggi dengan banyaknya jumlah suku, agama, ragam budaya, adat istiadat dan bahasa. Keanekaragaman tersebut seharusnya menjadi kekayaan dan aset bangsa, akan tetapi pengaruh globalisasi telah masuk ke sendi-sendi kehidupan masyarakat, selain memberi dampak positif terhadap perkembangan teknologi dan komunikasi, dampak negatif pengaruh globalisasi harus diwaspadai. Untuk mengeliminasi dan mencegah dampak negatif globalisasi dibutuhkan adanya suatu ketahanan nasional yang kokoh dan kuat yang harus dimiliki anak bangsa.

Komandan Lantamal II juga menyampaikan bahwa TNI sebagai institusi pertahanan negara dan garda terdepan juga sekaligus benteng terakhir pertahanan negara perlu melakukan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) TNI dan pada kesempatan ini secara konsisten dan simultan sebagai salah satu metode pembinaan potensi maritim secara tepat khususnya masyarakat maritim sebagai mitra TNI Angkatan Laut.

Danlantamal II menambahkan bahwa kegiatan Komunikasi Sosial TNI tahun 2018 ini adalah dalam rangka memberikan pemahaman tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk meningkatkan keeratan hubungan TNI dengan segenap komponen bangsa guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara yang harus dijaga dengan membangun karakter bangsa.

Ucapan terima kasih Walikota Padang yang disampaikan oleh Sekda Kota Padang Drs. Didi Aryadi, M.Si., ini adalah bukti nyata bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat, bagaimana keberadaan TNI sangat membantu masyarakat dan banyak sekali manfaatnya.

Turut menghadiri acara yaitu Aspotmar Danlantamal II, Asintel Danlantamal II, Aspers Danlantamal II, Kadispotmar Lantamal II, Camat Koto Tangah, Lurah Pasie Nan Tigo, Pengurus Jalasenastri Korcab II DJA I, PPAL Sumatera Barat.

0 komentar:

Posting Komentar