SETUMAL GELAR KURSUS KEARSIPAN TNI AL

SETUMAL GELAR KURSUS KEARSIPAN TNI AL

Jakarta, 9 Juli 2018, Kepala Sekretariat Umum TNI Angkatan Laut (Kasetumal) Kolonel Laut (S) Poedji Santoso membuka secara langsung Kursus Kearsipan TNI Angkatan Laut Tahun 2018, bertempat di Basement Setumal, Gedung B1 lantai 1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (9/7/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu minggu ini, diikuti oleh lebih kurang 30 personel baik militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN)  jajaran TNI AL yang berdinas di bidang Kesekretariatan, khususnya pada bagian arsip. Peserta kursus diberikan pembekalan  berbagai hal tentang kearsipan, diantaranya seperti Pengenalan arsip, Tahap-tahap Pengelolaan Arsip, Praktek Pengarsipan, Pengenalan tentang Jabatan Fungsional Arsiparis, Pengelolaan arsip di Depo Arsip Setum TNI, Pengelolaan arsip secara komputerisasi, hingga melaksanakan kunjungan ke ANRI.

Dalam amanatnya Kasetumal mengatakan sebagai salah satu bagian dari kesekretariatan, arsip merupakan hal yang penting bagi organisasi untuk dikelola dengan baik karena arsip adalah sumber informasi yang berguna bagi pemimpin dalam mengambil keputusan, arsip juga berfungsi sebagai memori organisasi, alat bukti hukum dan bukti akuntabilitas. “Dalam melaksanakan tugas di bidang kesekretariatan khususnya kearsipan, selain pengetahuan tentang kearsipan, personel pengawak juga harus memiliki sikap mental yang baik yaitu ketekunan, keuletan dan ketelitian untuk dijalankan di lingkungan kerja”, jelas Kasetumal.

“Bagi jajaran TNI AL, mengingat pentingnya aspek administrasi, selain sebagai sarana pembelajaran cara mengelola arsip, kegiatan ini juga diselenggarakan untuk mewujudkan keseragaman dan tertib administrasi dalam melaksanakan pengelolan arsip sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sekaligus menjadi sarana meningkatkan kemampuan bagi personel yang bertugas di bidang tersebut”, tegas Kasetumal.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Para Pejabat dari Disdikal, Disminpersal, dan para Kabagum dari berbagai satker, serta instruktur dari Setum Mabes TNI.

0 komentar:

Posting Komentar