969 Pelari Meriahkan “Garuda Run 12 K” di Lebanon Selatan

969 Pelari Meriahkan “Garuda Run 12 K” di Lebanon Selatan

(Pen Konga XXIII-L/UNIFIL. Senin, 13 Agustus 2018). Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-73, Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-L/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon) menyelenggarakan perlombaan lari jarak menengah dengan title “Garuda Run 12K”, yang mengambil Start dan Finish di Markas Indobatt UNP 7-1 Adchits Alqusayr, Lebanon Selatan, Minggu (12/8/2018).

Menariknya, “Garuda Run 12K” ini merupakan even pertama kali yang diselenggarakan oleh satuan jajaran UNIFIL, diikuti oleh 969 pelari baik dari militer maupun kalangan masyarakat sipil.

Para pelari “Garuda Run 12K”, dilepas secara resmi oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigadier General Jose Luis Sanches Martinez Falero didampingi Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Murbianto, serta Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P.

Even “Garuda Run 12K” ini menggandeng Haramoun (suatu Organisasi Marathon di Lebanon) dengan mengusung jargon “Run For Peace”  melintasi medan yang tergolong rumit karena melewati beberapa tanjakan, akan tetapi para perserta tetap bersemangat, hal ini terlihat dari antusias warga yang tumpah ruah dalam memeriahkan acara.

Dalam sambutannya, Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Murbianto Adhi Wibowo, mengucapkan rasa bangga dan terima kasih atas partisipasi peserta lomba baik dari militer maupun masyarakat sipil untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018.

“Saya apresiasi seluruh peserta lomba yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan lebih special even ini baru pertama kali dilaksanakan oleh satuan dijajaran UNIFIL yang melibatkan masyarakat umum,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto  selaku penggagas acara mengatakan bahwa “Garuda Run 12K” ini adalah salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73. “Di daerah misi, kami bisa melaksanakan lomba yang diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, Allhamdulillah.. bukti kedekatan masyarakat Lebanon dengan TNI dan UNIFIL,” ungkapnya.

“Sebagian rangkaian acara yang kami laksanakan sudah terlaksana dengan sukses termasuk turnamen Minifootball yang telah selesai penyelenggaraannya baru-baru ini,” kata Letkol Arfan Johan Wihananto.

“Garuda Run 12K” ini memperlombakan beberapa kategori untuk militer dan masyarakat sipil, kategori militer pria dibawah 35 tahun, militer pria 36-44 tahun dan militer pria 45 tahun keatas, serta 1 kategori militer wanita.

Sementara dikategori sipil memperlombakan usia pelajar (anak-anak). Keluar sebagai juara pertama Adelia Jabbar di kategori usia 20 tahun kebawah.  Juara pertama usia 20-40 tahun Daniel Constantine. Juara pertama usia 41-49 Abbas Barjawi. Juara pertama 50 tahun keatas yaitu Velodimir Olekha dan Muhammad Bassar. Sementara itu, dikategori wanita keluar sebagai juara pertama Eshet Senkute.

Atlet Indonesia berhasil menjadi juara dikategori militer dibawah 35 tahun yaitu Kopda Agustinus Beno (Indobatt) berhasil  finish diurutan pertama. Sedangkan dikategori militer 36-44 tahun keluar sebagai juara Michael Hoey (Finlandia), dikategori 45 tahun keatas keluar sebagai juaranya adalah Ahmad Farouk dari ISF (Lebanon) dan Kategori Wanita juaranya adalah Najad Ahrach (Perancis).

“Garuda Run 12K” kategori sipil diikuti oleh masyarakat umum Lebanon, pelajar dan mahasiswa. Sedangkan dikategori militer diikuti oleh 18 negara terdiri dari, LAF (Lebanesse Armed Force), Spanyol, Jerman, Prancis, Finlandia, Italia, Kroasia, Serbia, India, Nepal, Kamboja, Ghana, Austria, Srilanka, China, Korea, Fiji dan Malaysia.

0 komentar:

Posting Komentar