Bakamla RI Ikuti Pelatihan SEACAT ke-17 di Singapura dan Manila

Sejumlah personel Bakamla mengikuti pelatihan 17th annual Southeast Asia Cooperation and Training (SEACAT) bersama peserta dari 7 negara lainnya sejak 27 Agustus 2018 dan akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang, bukan saja di Singapura namun juga di Filipina.
Bersama pelaut dan Coast Guard dari Bangladesh, Brunei, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam, personel Bakamla juga terbagi dalam dua rangkaian kegiatan, yaitu satu orang Liaison Naval Officer (LNO) di Singapura dan tim pelaksana workshop Visit, Board, Search and Seizure (VBSS) di Filipina. Dalam hal ini Bakamla mengirimkan Mayor PM Raka Momon selaku LNO di Singapura, sedangkan dalam tim VBSS terdiri atas tujuh personel yaitu Leo Barata Yudha dan Heru Yuwanto dari Kantor Kamla Zona Maritim Barat serta lima personel KN Belut Laut 4801 yaitu Muhamad Mustaqim, Andik Eko, Yitma Setyo, Ridwan Riki dan Ahmad Zaenudin.

Kegiatan Academic Week di Singapura dibuka oleh Laksamana Muda Joeys Tynch (Komandan Gugus Tugas 73 USA) di hadiri 9 negara termasuk Indonesia dan US selaku Host. SEACAT 2018 merupakan gabungan dari Angkatan Laut, Penjaga Pantai, Penegak Hukum dan Organisasi dari USA dan ASEAN. Latihan berfokus pada Kerjasama Regional untuk mengatasi Keamanan Maritim bersama, seperti Narkotika, IUU Fishing, Penyelundupan, Pembajakan dan kegiatan terlarang lainnya di laut dengan menyatukan Petugas Penghubung LNO, IFC, MOC, CENTRIXS antar negara peserta. Selama latihan Pos Komando akan menerima laporan simulasi kapal yg di curigai di selat Singapura, Malaka, dan Laut Cina selatan.

Sementara itu dalam Academic Week akan diisi dengan berbagai agenda antara lain US & ASEAN informal discussion, US & Informal Discussion, dan PACFLT MDA overview. Adapula pembahasan tentang Latihan Maritim US – ASEAN pada Agustus 2019.
Di Filipina, para peserta VBSS mengikuti acara pembukaan di Department of Transportation, Philipine Coast Guard, Coast Guard Surface Support Force, pier 13, Sout Harbour, Port Area, Manila. Acara dibuka oleh Commander Commo Joseph B Badajos PCG didampingi LCDR Alberto T Ferre PCG (Acting Chief Of Staf). Sedangkan sambutan dari perwakilan Trainer disampaikan oleh Capt. Sotton dari US Coast Guard.

Untuk kegiatan pelatihannya sendiri berlangsung di dalam dan luar ruangan, mencakup beberapa materi pelatihan antara lain Use Of Force Policy, Guiding Principle, Law International, At Sea Space Accoutability, pencarian barang-barang ilegal di kapal yang tersimpan pada tempat-tempat yang tersembunyi, dan materi Personal Handling. Sistem pelatihan menggunakan metode pemberian materi dilanjutkan diskusi peserta dengan trainer.
Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

0 komentar:

Posting Komentar