KADISPENAL: DISPENAL HARUS MEMILIKI EDITOR YANG BERKUALITAS

KADISPENAL: DISPENAL HARUS MEMILIKI EDITOR YANG BERKUALITAS

Jakarta, 24 Agustus 2018, Dalam kapasitasnya sebagai pemberi informasi, jajaran Penerangan dituntut untuk mampu bekerja cepat, tepat, dan akurat. Hal tersebut harus didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki inovasi dan kreatifitas untuk menghasilkan produk informasi dengan standar kualitas gambar yang menarik. Demikian disampaikan  Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar.Stud., dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Subdinas Produksi Penerangan (Kasubdisprodpen) Dispenal Kolonel Laut (KH) Drs. Maman Sulaeman pada acara penutupan Kursus Editing TNI AL TA 2018, Jumat (24/8) di Ruang Papua Dispenal, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.  

Kursus Editing TNI AL yang telah berlangsung selama 19 hari sejak tanggal 6 s.d. 24 Agustus 2018 tersebut, diikuti oleh 23 personel baik Pama, Bintara, Tamtama, maupun Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari jajaran Penerangan TNI AL baik dari Komando Utama Angkatan Laut serta Pangkalan Angkatan Laut seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Dispenal melibatkan para Perwira berpengalaman dari jajaran Penerangan Angkatan Laut serta para instruktur dari Syahdu Film Yogyakarta guna memberikan materi kepada para peserta, diantaranya perihal Jurnalistik  Foto dan Video, Teknik Sinematografi, Pemahaman Audio dan Video, Pemahaman tentang Seni & Gambar, Dasar-dasar Editing, Pengenalan Program Edius dan Program Avlicuid, Teori dan Dasar-dasar Kamerawan, Teknik Pencahayaan, Proses Edit Gambar, Dasar-dasar Fotografi, Etika Peliputan, kreativitas personel, serta Pengetahuan tentang Perawatan dan Pemeliharaan Kamera.

Kadispenal berharap seusai pelaksanakaan kursus ini para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatnya dalam menunjang pelaksanaan tugas yang dilaksanakan di satuan TNI AL dan dapat mencapai sasaran yang diinginkan bersama, yaitu terwujudnya kualitas personel pengawak alat editing, atau editor yang mempunyai kemampuan menghasilkan berita atau informasi dalam bahasa dan gambar yang menarik.

Pada acara penutupan kursus editing TNI AL terpilih tiga pemenang hasil karya video terbaik, yaitu juara pertama diraih Sertu Mar Zian Soultonullah dari Lanal Lhokseumawe, Juara ke-2 diraih Sertu TKU Agus Dwi Pranata dari STTAL dan Kopda Hamid Makmur dari Diswatpersal sebagai juara ke-3.

0 komentar:

Posting Komentar