Kaskoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan Southern Theater Command China

Kaskoarmada I Terima Kunjungan Kehormatan Southern Theater Command China

Jakarta, 2 Agustus 2018, Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang diwakili oleh Kaskoarmada I Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E, M.M., menerima kunjungan kehormatan Delegasi Maritime Security Southern Theater Command Chinese People’s Liberation Army (PLA) di Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Kamis (2/8).

Dalam sambutan Pangkoarmada I yang disampaikan oleh Kaskoarmada I, jajaran Koarmada I menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan kehadirannya di Mako Koarmada I. Dimana kunjungan tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi Koarmada I. Dalam kesempatan tersebut, Kaskoarmada memperkenalkan para pejabat utama Koarmada I serta menjelaskan secara singkat tugas pokok Koarmada I dalam melaksanakan pengamanan yuridiksi perairan wilayah barat Indonesia. Dimana dalam melaksanakan penegakkan hukum dan kedaulatan di laut, Koarmada I mengerahkan unsur-unsurnya berupa Kapal Perang (KRI), Pesawat udara dan kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) dengan dukungan Pangkalan-pangkalan TNI AL yang tersebar di wilayah barat. Selain itu dibentuknya satuan reaksi cepat dalam penanganan tindak pidana di laut yaitu WFQR. Dimana dalam melaksanakan tugasnya, WFQR merupakan kombinasi kerjasama taktis antara operasi dan intelijen.

Selanjutnya Wakil Kepala Staf Gabungan Southem Theater Command Angkatan Bersenjata China Mayor Jenderal Chen Daoxiang menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL atas bantuan dan dukungannya dalam memfasilitasi perijinan kunjungan kehormatan tersebut. Selanjutnya Wakil Kepala Staf Gabungan Southem Theater Command Angkatan Bersenjata China Mayor Jenderal Chen Daoxiang menyampaikan secara singkat kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Indonesia mulai 1 sampai dengan 4 Agustus 2018 diantaranya selain kunjungan ke Koarmada I juga melaksanakan kunjungan ke Mabes TNI Angkatan Laut, kunjungan ke Kantor Kedutaan Besar China di Jakarta, kunjungan ke Seskoal, kunjungan ke Konsulat Jenderal China di Surabaya,  kunjungan ke Koarmada II, kunjungan ke Monas, dan kunjungan ke Fatahillah Square.

Harapan dari tujuan kegiatan kunjungan ini adalah terselenggaranya latihan bersama dimana latihan-latihan yang dilaksanakan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan angkatan bersenjata kedua negara.

Dalam kegiatan tersebut, Kaskoarmada I didampingi Asrena Pangkoarmada I, Aspers Pangkoarmada I, Kasguspurla Koarmada I, Dansatkor Koarmada I, dan Pakoorsmin, sedangkan Wakil Kepala Staf Gabungan Southern Theater Command Angkatan Bersenjata China Mayor Jenderal Chen Daoxiang didampingi oleh Kepala Satuan Penilaian Proyek Militer Southern Theater Command Senior Kolonel Laut Ying Hongbo, Wakil Kepala Satuan Humas Southern Theater Command Senior Kolonel Li Huaming, Wakil Direktur Kantor Urusan Luar Negeri Southern Theater Command Kolonel Laut Huang Daizhi, Wakil Direktur Kantor Operasi Lintas Udara Southern Theater Command Letnan Kolonel Laut Guo Cihua, Perwira Staf Satuan Latihan Gabungan Southern Theater Command Mayor Liang Zhizhong, Athan China untuk Indonesia Kolonel Zhao Yunfei, dan Deputi Athan China untuk Indonesia Kolonel Xu Miao.

0 komentar:

Posting Komentar