Lanal Sibolga Lepas Kontingen Pramuka Saka Bahari Tapanuli Tengah Ke Lombok

Lanal Sibolga Lepas Kontingen Pramuka Saka Bahari Tapanuli Tengah Ke Lombok

Jakarta, 23 agustus 2018, Dalam rangka kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora 2018, Pangkalan TNI AL (Lanal) Sibolga melepas Kontingen Pramuka Saka Bahari Sibolga Tapanuli Tengah ke Lombok Nusa Tenggara Barat, Kamis (23/8), bertempat di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Sibolga. 

Pelepasan Kontingen Pramuka Saka Bahari dilaksanakan melalui apel pasukan, sekaligus penyerahan bekal secara simbolis oleh Danalanal Sibolga disaksikan Pengurus Kwarcab Pramuka Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Komandan Lanal Sibolga Letkol Laut (P) Fajar Priyanto K, S.T., menyebutkan jumlah kontingen yang diutus ke Lombok yakni 5 (lima) orang anggota Pramuka ditambah 1 (satu) orang Pembina Kontingen Pramuka Saka Bahari Lanal Sibolga diutus untuk mengikuti event Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VIII Sail Moyo Tambora 2018.

“Kontingen Lanal Sibolga akan diberangkatkan dari Dermaga Madura Komando Armada II Surabaya pada tanggal 29 Agustus 2018 bersama dengan kontingen lainnya. Sementara pelatihan dimulai tanggal 29 Agustus 2018 sampai dengan 21 September 2018”, kata Danlanal Sibolga.

Dikatakan Danlanal Sibolga, selama pelayaran para Kontingen Saka Bahari akan mengikuti pelatihan tentang kepramukaan, kemaritiman atau bahari, serta peraturan khas TNI Angkatan Laut sehingga generasi muda dapat mengenal Indonesia dengan seutuhnya.

“Kontingen akan berlayar menggunakan KRI Bintuni dengan melintasi rute Surabaya-Lombok-Pulau Badas-Pulau Moyo-Pulau Medang-Surabaya. Selain berlayar dan mendapatkan pelatihan, para Kontingen Pramuka saka Bahari juga akan melaksanakan bakti sosial di wilayah Lombok yang baru-baru ini diguncang gempa tektonik. Setelah melaksanakan bakti sosial, para Kontingen Pramuka Saka Bahari juga akan mengikuti puncak acara yaitu acara perkemahan di Bumi Perkemahan Salipar ate Lombok”, ujar Danlanal Sibolga.

Danlanal Sibolga juga memastikan, proses pelatihan yang dilaksanakan TNI Angkatan Laut setiap tahun itu bertujuan untuk membentuk generasi muda berjiwa maritim atau bahari.

0 komentar:

Posting Komentar