LATBILKEP KAMLA PASIS DIKREG ANGKATAN KE-56 TP.2018 RESMI DIBUKA

LATBILKEP KAMLA PASIS DIKREG ANGKATAN KE-56 TP.2018 RESMI DIBUKA

Seskoal, 28 Agustus 2018, Direktur Pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Dirdik Seskoal) Kolonel Laut (P) Prio Budi Leksono, S.E., M.M., secara resmi membuka Latihan Pengambilan Keputusan Keamanan Laut (Latbilkep Kamla) dengan sandi “Megalodon - 2018” yang diikuti 135 Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke-56 TP. 2018 ditandai dengan pemasangan tanda peserta latihan kepada perwakilan Pasis di Ruang Amphiteather, Gedung O.B. Syaaf, Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (28/08) dihadiri para Direktur, Kepala Departemen serta Patun dan Dosen Seskoal.

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Dirdik Seskoal mengatakan bahwa Perairan Selat Makassar dan laut Sulawesi merupakan salah satu jalur padat yang disiapkan oleh pemerintah RI diwilayah tengah mewadahi kepentingan Negara-negara pengguna laut, khususnya untuk menghubungkan Negara-negara di Timur dan Barat. Dengan keberadaan beberapa obyek vital yang tersebar di sepanjang perairan pantai Kalimantan dan perkembangan politik di tanah air tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk melakukan pelanggaran kedaulatan serta hukum di laut dalam rangka mengganggu stabilitas Nasional.

Selanjutnya, dihadapkan dengan keadaan tersebut maka perairan tersebut merupakan perairan yang strategis dan sangat vital serta rawan terhadap timbulnya berbagai bentuk ancaman baik potensial maupun faktual, sehingga perlu diambil langkah-langkah antisipasi sedini mungkin dengan menghadirkan unsur-unsur TNI AL dengan menggelar operasi Megalodon-2018 di Perairan Selat Makasar dan Laut Sulawesi, kata Danseskoal dalam amanatnya.

Latbilkep Kamla ini dilaksanakan mulai tanggal 28 Agustus 2018 sampai dengan 30 Agustus 2018, dengan mengangkat tema “Koarmada II Beserta Jajarannya Melaksanakan Operasi Laut Di Wilayah Perairan ALKI II Guna Meningkatkan Profesionalisme serta Kesiapsiagaan Prajurit TNI AL Dalam Rangka Penegakkan Hukum dan Menjaga Kedaulatan NKRI “.

Latihan pengambilan keputusan keamanan laut ini merupakan salah satu kegiatan Bidang Studi Operasi yang ditujukan dan dirancang agar para Pasis dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan dan melatih kepemimpinan sekaligus kemampuan managerial pada pelaksanaan tugas operasi keamanan laut di lapangan penugasan nantinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6