Pasis Suspaidikla TA 2018 Tambah Pengetahuan Di KPU Bea Dan Cukai Tanjung Priok

Pasis Suspaidikla TA 2018 Tambah Pengetahuan Di KPU Bea Dan Cukai Tanjung Priok

Jakarta, 15 Agustus 2018, Siswa Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut (Suspaidikla) TA 2018 melaksanakan kunjungan untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta  informasi tentang penyidik pidana tertentu di laut ke Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai (BC) Tipe A Tanjung Priok  diterima oleh Kepala Bagian Umum Gamal Saktaji, S.E., M.Si., dan Kepala Seksi Penyidikan I Bidang Impor Hanny Fisher Palilingan serta Kepala Seksi Layanan Informasi Endang Puspawati, S.E., M.M., bertempat di Ruang Kesempurnaan Lantai-5, Jalan Pabean No. 1 Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (15/8).

Komandan Kolatarmada I Kolonel Laut (P) Fauzi, S.E., M.M., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Perwira Staf Program Kerja dan Anggaran (Pasproga) Kolat Koarmada I Letkol Laut (S) Rais Samsudin,  A.Md. menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan dapat berkunjung ke KPU BC Tipe A Tanjung Priok dan mohon dapatnya memberikan gambaran kepada siswa tentang informasi visi dan misi Kantor Bea dan Cukai Tanjung Priok, proses penerimaan dokumen, pemeriksaan dokumen dan barang sampai proses pengeluaran barang, agar siswa bisa melihat secara langsung proses pemeriksaan dokumen dan barang dilapangan, mengenai hubungan dengan instansi luar khususnya TNI Angkatan Laut, ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Umum KPU BC Tipe A Tanjung Priok Gamal Saktaji, S.E., M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok merupakan kantor bea dan cukai modern terbesar di Indonesia. KPU BC Tanjung Priok menjadi kantor percontohan peningkatan kinerja dan citra institusi bea dan cukai pada umumnya. dalam menjalankan tugas dan kewajibannya KPU bc tj priok ditunjang dengan SDM pilihan dan berkompeten yang merupakan hasil seleksi pegawai bc seluruh indonesia, KPU BC Tanjung Priok memiliki pegawai sebanyak 1230 personel dan terbuka selama 24 jam 7 hari seminggu untuk mengakomodir kegiatan kepabeanan khususnya ekspor dan impor. seluruh layanan di KPU BC Tanjung Priok sudah menerapkan standardisasi dan bersertifikat ISO 9001:2008 selain itu layanan di KPU BC Tanjung Priok sudah berbasis digital dan pemanfaatan aplikasi hasil inovasi dan kreatifitas pegawai, tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Penyidikan I Bidang Impor KPU BC Tipe A Tanjung Priok Hanny Fisher Palilingan memberikan pencerahan tentang  Peraturan Perundangan Kepabeanan yang dilanjutkan dengan forum tanya jawab, dengan antusias para siswa menyampaikan pertanyaan dan langsung diberikan hadiah khusus yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Setelah itu para siswa Suspaidikla TA 2018 diberi kesempatan meninjau kelapangan di wilayah Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok Jakarta Utara ke Gedung Hi-Co-Scan yang merupakan tempat penimbunan sementara pemeriksaan barang impor yang disampaikan oleh Pelaksana Pemeriksa Hi-Co-Scan KPU BC Tipe A Tanjung Priok Royan Sumandono yang menjelaskan tentang cara kerja Hi-Co-Scan X-Ray Container Inspection System yang merupakan alat pemindai berteknologi tinggi buatan Jerman untuk membantu mempercepat proses pemeriksaan barang-barang impor yang dapat menembus plat baja hingga 30 cm dengan kekuatan tembus 1000 kali alat rontgen rumah sakit. Kemudian dilanjutkan ke Long room Tempat Penimbunan Sementara Segara yaitu tempat pemeriksaan fisik terpadu barang ekspor dan impor yang dijelaskan oleh Kepala Seksi Pelayanan Pabean Cukai-3 KPU BC Tanjung Priok Sugeng Apriyanto yang memiliki 80 personel dalam setiap pemeriksaan fisik barang yang akan diekspor dan impor.

Kegiatan kunjungan Siswa Suspaidikla yang didampingi oleh Perwira Staf Program Kerja dan Anggaran (Pasproga) Kolat Koarmada I Letkol Laut (S) Rais Samsudin,  A.Md. dan Kepala Departemen Teknik (Kadeptek) Pusat Latihan Penerbangan Angkatan Laut (Puslat Penerbal) Kolat Koarmada I Mayor Laut (P) Widi Aditya, S.T. itu diwarnai dengan saling tukar cindera mata kepada Kepala Bagian Umum Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok Gamal Saktaji, S.E., M.Si.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6