Peringatan Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Krayan

Peringatan Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Krayan

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nunukan Serfianus S.IP, MSi memimpin upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, di Kecamatan Krayan Induk, Long Bawan, Kabupaten Nunukan, Kalimatan Utara, Jumat (17/8/2018).

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia ditandai dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang terdiri dari siswa-siswa Sekolah Menengah Atas di wilayah Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan dengan Komandan upacara Lettu Infanteri Taufan HS yang juga merupakan Komandan Kompi Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia dari Yonif 613/Raja Alam). 

Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di daerah perbatasan ini diperingati dengan antusias oleh seluruh warga yang ambil bagian dalam berbagai kegiatan.

Sekda Kabupaten Nunukan Serfianus S.IP., M.Si menyampaikan, peringatan HUT ke- 73 Kemerdekaan memiliki arti dan makna yang mendalam bagi warga perbatasan yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan. 

"Peringatan Kemerdekaan ini memiliki arti tersendiri bagi kami dan warga di wilayah perbatasan. Pembangunan di Krayan telah menunjukan kemajuan yang signifikan bagi perkembangan di wilayah Kabupaten Nunukan.

Serfianus mengungkapkan bahwa saat ini sedang dibangun Bandara di Krayan, Long Bawan dengan panjang landas pacu 1600 meter dan sudah dapat digunakan. 

"Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Bandara Yuvai Semaring Long Bawan di Krayan dengan landas pacu sepanjang 1600 meter, diharapkan pembangunan ini dapat memajukan desa-desa di Kabupaten Nunukan dan kecamatan Krayan. Semoga dengan pemerataan pembangunan di wilayah perbatasan dapat menjadikan bangsa Indonesia sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya," ujar Serfianus.

Sementara itu Camat Krayan Helmi Pudasslikar, S.IP. mengungkapkan bahwa kesadaran wawasan kebangsaan di wilayahnya yang berbatasan dengan negara tetangga semakin menguat dan pembangunan di daerahnya semakin meningkat. 

"Walau berada diperbatasan, kecintaan kami pada NKRI tidak akan luntur, kami dari Pemerintah Daerah bersama TNI, Polri dan masyarakat akan terus bersama membangun Krayan kedepannya lebih baik dan lebih maju untuk mensejahterakan masyarakat," tegasnya. 

Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia di Krayan ini juga dihadiri oleh Komunitas Off Road dari Malaysia yang tergabung dalam Kelas Pacuan Empat Roda Sipitang (S4WDC) dan Persatuan Kadayan Saban (PAADIAN) berserta anggotanya. 

"Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas sambutan dan penerimaan masyarakat Indonesia untuk kami ikut memberikan penghomatan atas perayaan Hari Kemerdekaan ke -73 Republik Indinesia, pada perayaan tahun depan. Kami akan kembali datang ke sini, kami juga memberikan alat-alat tulis bagi siswa di daerah ini sebagai bentuk persaudaraan kami dengan warga Indonesia ," ujar Hamidi Bin Haji Saleh, Presiden Kelab Pacuan Empat Roda Sipitang (S4WDC) 

Selain upacara peringatan HUT ke 73 Republik Indonesia, juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada para tokoh masyarakat meliputi berbagai bidang yang berperan bagi kemajuan Krayan, pemusnahan minuman keras (Miras) yang diselundupkan masuk ke Wilayah Krayan.

Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT ke -73 RI, juga digelar pawai karnaval yang diikuti oleh berbagai desa di wilayah Krayan yang menampilkan berbagai potensi di desanya.

0 komentar:

Posting Komentar