Sholat Idul Adha di Korem 091/ASN, Sembelih 10 Hewan Korban

Sholat Idul Adha di Korem 091/ASN, Sembelih 10 Hewan Korban

SAMARINDA. Ratusan Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) beserta masyarakat kota Samarinda melaksanakan shalat Idul Adha (10 Dzulhijah 1439 H) di lapangan Makorem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Jl. Gajah Mada No. 11 Samarinda Kaltim, Rabu (22/8/2018).

Bertindak selaku Khotib sekaligus imam, yakni ustadz H. Yarhan, S.H.I dengan tema Melalui hikmah Idul Adha 1439H/2018 M, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan serta sikap berkorban guna mewujudkan Prajurit yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat.

Dalam khutbahnya ustadz menyampaikan hari raya Idul Adha merupakan suatu peristiwa besar yang di ilhami dari sebuah ketaqwaan Nabi Ibrahim A.S yang sangat luar biasa dalam melaksanakan perintah dari Allah SWT mengorbankan sang anak tercinta Nabi Ismail A.S. sehingga betapa pun cintanya nabi Ibrahim terhadap sang putra tidak menyurutkan sedikit pun ketaatan dan ketaqwaan beliau kepada Allah SAW.

Usai shalat Idul Adha, Pelaksana Tugas (Plt) Danrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy, menyerahkan secara sembolis hewan qurban kepada Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Korem 091/ASN yang diterima Kabintal Korem 091/ASN Kapten Inf Samsul Fikry.

Dalam sambutannya, Plt Danrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy mengatakan, Pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta atau HabluminAllah, dimana Allah Subhanahu Wataala hanya menuntut keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari umatnya dalam menjalankan perintahnya. Karena Allah Subhanahu Wataala tidak membutuhkan sesuatu apapun dari ummat manusia, oleh karenanya, penekanan yang terpenting justru kepada aspek horisontal atau Hablu Minannas yang pada hakekatnya adalah untuk kebaikan ummat manusia itu sendiri.

Ibadah kurban yang diselenggarakan pada setiap tahun, diharapkan akan menjadi sumber kekuatan bagi setiap mukmin, untuk membangun kualitas dalam kehidupan sosial ditengah masyarakat. Ibadah kurban ini sekaligus juga mengisyaratkan bentuk keikhlasan dalam membantu kesulitan bagi sesama yang pada akhirnya kita semua akan memiliki sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi maupun kelompok.

Total, terdapat 10 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing, yang berasal dari berbagai pihak. Selanjutnya, daging kurban di bagikan kepada mustahaq di sekitar Korem 091/ASN, yatim piatu, Warakawuri, veteran, pondok pesantren dan panti asuhan yang ada di kota Samarinda.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6