PATKOR MALINDO 141/18 TAHUN 2018 RESMI DITUTUP

PATKOR MALINDO 141/18 TAHUN 2018 RESMI DITUTUP

Patroli Bersama Terkoordinasi antara TNI Angkatan Laut dengan TLDM Malaysia dalam Satgas Patkor Malindo 141/18 bertempat di Gedung Yos Sudarso secara resmi ditutup oleh Pabanops Guskamla Koarmada I Letkol Laut (P) Sigit Pujiwan, Senin (17/09/2018).

Patkor Malindo merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara terus menerus yang merupakan wujud nyata patroli bersama bertujuan meningkatkan kerjasama antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Malaysia dalam rangka mengamankan perairan Selat Malaka. Selat yang terletak antara Malaysia dan Pulau Sumatera ini memiliki letak yang sangat strategis sebagai jalur pelayaran tersingkat antara Samudera Hindia dengan Samudera Pasifik.

Upaya kerjasama pengamanan tersebut  telah dilakukan oleh negara-negara yang memiliki tanggung jawab terhadap Selat tersebut, diantaranya: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Singapura dan salah satu bentuk kerjasama tersebut adalah patroli bersma yang terkoordinasi. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab munculnya isu negatif tentang situasi keamanan dikawasan tersebut dengan maraknya tindak pelanggaran dan kejahatan yang terjadi seperti; perompakan, terorisme, Kegiatan Ilegal, Kecelakaan pelayaran, pencemaran lingkungan dan kelestarian alam.

Kegiatan Patkor Malindo 141/18 itu sendiri berlangsung selama 15 hari dimulai dengan Pembukaan di Markas Wilayah Laut 3 TLDM di Langkawi pada tanggal 04 September 2018 hingga Penutupan hari ini tanggal 17 September 2018. Dengan melibatkan Unsur dari Angkatan Laut Indonesia mengirimkan KRI Kujang-642 dan KRI Siliman-858 sedangkan TLDM mengirimkan Unsurnya KD Kinibalu-14 dan KD Ledang-13.

Selesai kegiatan penutupan dilanjutkan dengan Kunjungan Kehormatan Dansatgas Patkor Malindo TLDM Malaysia dipimpin Komander Zamri bin Ismail kepada Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto,S.E.,M.Si., bertempat di Ruang VIP Mako Lantamal I. Akhirnya acara ditutup dengan Foto bersama Danlantamal I beserta Pejabat Utama Lantamal I dengan Peserta Patkor Malindo 141/18 Tahun 2018.

Hadir pada kesempatan acara Penutupan tersebut, Dansatgas Patkor Malindo 141/18 merangkap Pjs Dan KRI Kujang-642, Komandan Gugus Tugas TLDM,  Dan KRI Siliman-858, Pegawai Pemerintah KD Kinibalu-14, Pegawai Pemerintah KD Ledang-13 dan peserta undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6