SEMINAR MARITIM NASIONAL SESKOAL TAHUN 2018, TINGKATKAN KOORDINASI KEAMANAN LAUT

SEMINAR MARITIM NASIONAL SESKOAL TAHUN 2018

pada Hari Kamis tanggal 20 September 2018, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (SeskoaI) menyelenggarakan Seminar Maritim Nasional SeskoaI Tahun 2018, di Gedung Jos Soedarso Seskoal-Cipulir Jakarta Selatan. Seminar Marítim Nasional mengusung tema "Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran Yang Optimal Dalam Rangka Mendukung Kebijakan Pores Maritim Dunia". Dengan Ketua Panitia Wakil KepaIaPusat Pengkajian Maritim (Pusjianmar) Seskoal Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, S.E., MM. 

Pada Seminar Nasional tersebut. menghadirkan pembicara-pembicara Hebat yaitu Menteri Koordinator Kemaritiman RI, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan, M.P.A.. Kepala Staf Angkatan Laut yang diwakili oIeh Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Laut (Aspam Kasal) Laksamana Muda TNI S. Irawan, S.E.. Menteri Perhubungan RI yang diwakili oleh Kasubdit Peneggakan Hukum Direktorat Kesatuan Panjagaan Laut Dan Pantai (KPLP) Founnansyah, S.H., MM., M.H., Direktur Indonesian National Shipowners. Association (INSA) yang diwakili Sekretaris Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) INSA, Budhi Halim dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Melda Kamil Ariadno, S.H,L.L.M, Ph.D. Rangkaian Seminar akan dipandu oleh Moderator Letkol Laut (P) Dickry Rizanny Nurdiansyah, PSC (J).. MMDS., dan Letkol Laut (KHNV) Ammimul Ummah B.. S.Pd., M.LNTLS.

Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jenderal TNI (Pum) Luhut Bínsar Panjaitan. M.P.A..sebagai Keynote Speech akan membahas mengenai membangun system yang terintegrasi antar stakeholder. dari sisi kesiapan Sumber Daya serta regulasi terkait konsep Keamanan Maritim dan keselamatan pelayaran. sehingga perwujudan Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia dapat menjadi sebuah keniscayaan. Serta Menko Kemaritiman dapat memberikan pemyataan mengenai definisi sacara khusus Maritim itu sendiri.

Sebagai Pembicara Partama Kepala Staf Angkatan Laut memaparkan materi Langkah-langkah dan Peran Nyata TNI Angkatan Laut Dalam Mewujudkan Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran di Wilayah Perairan Indonesia" di hadapkan dengan berbagai persoalan yang ada sehingga mampu mewujudkan stabilitas keamanan maritim dan keselamatan bagi pengguna laut untuk mendukung visi pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sabagai Pembicara Kedua Menteri Perhubungan RI memaparkan materi Regulasi Keselamatan Pelayaran. Aturan-aturan Pendukung Kelaikan Kapal Berlayar dan Penekanan-Penekanan Bagi Para Pengguna Laut serta Petugas Pendukung Pelayaran (Transportasi Laut).

Sabogai Pembicara Ketiga Direktur INSA memaparkan materi "Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pelayaran. Konsep Kontribusi INSA kepada Pengguna. Laut dalam Mendukung Keeelamann Pelayaran serta Harapan INSA, terkait Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran" guna mewujudkan konektifitas maritim dalam mendukung poros maritim dunia.

Sebagai Pembicara Keempat Prof. Melda Kamil Ariadno. S.H.L.L.M. Ph.D. memaparkan materi "Keamanan Maritim dan Keselamatan Pelayaran dari Perspektif Hukum Nasional dan Intemasional ditinjau dari Sisi Ptaktisi maupun Akademis". 

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Ammarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. dalam sambutannya menyampaikan sesuai dengan harapan pemimpin TNI Angkatan Laut. Seskoal dengan paradigma barunya sebagai Center Of Excelence On Naval and Maritime Science telah berkomitmen untuk melakukan berbagai terobosan dalam rangka peningkatan kualitas dan pengembangan sebagai pusat pendidikan perwira TNI AL daIam bidang Keangkatanlautan dan kemaritiman yang berstandar Internasional dalam bentuk kegiatan akademis, penelitian dan pengkajian dalam pengabdian pada masyarakat. Telah dipahami bersama bahwa konstelasi geografis. geopolitik dan geoekonomi Indonesia telah mewarnai pembangunan keamanan maritime untuk mewujudkan Negara Maritim yang berdaulat, maju, mandiri, kuat serta mampu memberikan kontribusi positif bagi perdamaian di kawasan dunia sesuai kepentingan Nasional. keamanan Maritim dan keselamatan pelayaran merupakan isu sentral yang terus dibahas dalam berbagai forum baik dalam lingkup Nasional, kawasan maupun Internasional.

Mengingat isu pada domain kemaritiman terus mengalami perkembangan sacara signifikan dari perpektif ancaman, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. pada sisi lain pemanfaatan Iaut menjadi modal dasar pembangunan ekonomi yang akan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan bangsa. Dengan kehadiran peserta Seminar kaIi ini dari berbagai pemangku kepentingan keamanan maritime dan keselamatan pelayaran, mulai dari pengambil kebijakan, pelaksana, akademisi, pelaku usaha dan pengguna yang bersentuhan langsung di lapangan, harapan dari seminar ini dapat menjadi media interaktif untuk memberikan pandangan, pengalaman. serta fakta di lapangan, sehingga dengan seminar ini dapat merumuskan penyelesaian masalah-masalah maritime sacara komprehensif dan mengimplementasikan sesuai dengan hukum Nasional dan Intemasional yang berlaku.

Sehingga kegiatan ini dapat memberikan sumbangan dalam upaya mewujudkan ketertiban dilaut yurisdiksi Indonesia untuk bisa dinikmati manfaatnya sebesar-besarnya bagi seluruh rakyat Indonesia.

Pada kesempatan ini juga akan dilaksanakan Lauching Website Jumal Maritim Indonesia. Jurnal Maritim Indonesia tersebut telah terdaftar di Pusat Dokumentasi llmiah Indonesia-LIPI. Dalam hal ini, Pusat Pengkajian Maritim (Pusjianmar) Seskoal mewadahi para penulis dari dalam dan luar negeri yang diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam kebijakan pemerintah.

Turut diundang dalam Seminar Maritim Seskoal ini antara Iain Kabakamla. Kabasarnas, Danjen Akademi TNI, Irjenal, Koorsahli Kasal, Para Asisten Panglima TNI, Para Asisten Kasal, Para Pangkotama TNI AL, Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan. Mantan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marlena.MM., Para Mitra Bastari, Jurnal Maritim Indonesia dan undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6