TNI AL PERINGATI HARI JADI KE-73

TNI AL PERINGATI HARI JADI KE-73

Jakarta, 10 September 2018.Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M memimpin upacara peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut ke-73, bertempat di Dermaga Pondok Dayung Koarmada I, Jakarta Utara, Senin (10/09/2018).

Pelaksanaan upacara HUT ke-73 ini memiliki arti yang sangat penting bagi TNI Angkatan Laut. Dalam kurun waktu 73 tahun telah banyak pengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang pendahulu kita, untuk memperjuangkan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui laut. Sebagai generasi penerus, sudah sepantasnya meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut. Wujud pengabdian tersebut dapat diimplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang kita miliki demi kejayaan Angkatan Laut.

Dalam amanatnya Kasal mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sumber daya laut yang sangat melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal sebagai sumber kemajuan, kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan bangsa tersebut, tepat kiranya pada peringatan hari jadi kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut, ujar Kasal.

Makna dari tema tersebut adalah, TNI Angkatan Laut bersama segenap komponen bangsa akan berusaha sekuat tenaga, mengembalikan jati diri bangsa sebagai bangsa maritim yang berjaya di laut. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka TNI Angkatan Laut harus terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan maritim baik di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan bangsa, lanjut Kasal.

Puncak Peringatan hari jadi ke-73 kali ini, digelar secara sederhana dengan menampilkan demontrasi, upacara parade dan defile yang melibatkan pasukan upacara yang terdiri dari satu unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil, Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSY gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari, Siswa Hang Tuah dan SMK Pelayaran Hang Tuah.

Sementara itu, TNI Angkatan Laut juga menampilkan demonstrasi Beladiri Gabungan yg terdiri dari: Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada I, Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I, Beladiri Marinir, Pushidrosal Self Defence, Pencak Silat Panglikur, Taekwondo N-Lions. Serta unsur KRI dan Ranpur Marinir antara lain: KRI Banjarmasin Satlinlamil Surabaya, KRI Rigel Pushidrosal, KRI Todak dan KRI Halasan Satkat Koarmada I, KRI Jhon Lie dan KRI Bung Tomo Satkor Koarmada I, 4 unit Vampire, 2 Unit RM 7 Grad, 2 Unit Nurinko, 4 Unit BTR 4.

Puncak pelaksanaan HUT Ke-73 TNI AL juga gelar Naval Base Open Day dengan kegiatan pameran alutsista TNI AL yang menampilkan kapal perang, kendaraan tempur (Ranpur) Marinir dan Helly TNI AL. Selain itu juga digelar demo terjun payung oleh penerjun dari prajurit Kopaska dan Marinir, serta panggung hiburan dan bazar yang dibuka untuk masyarakat umum. Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Marinir Qomaruddin, S.E., M.M., yang sehari menjabat sebagai Dosen SBS Sisbinlat. Selain itu, Kasal juga menyematkan Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, XXIV tahun.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dalam kesempatan tersebut juga memberikan penghargaan kepada atlet TNI Angkatan Laut yang berprestasi pada ajang Asian Games Tahun 2018 diantaranya Pratu Mar Jefri Ardianto satuan Yonif 6 Marinir peraih medali emas pada cabang olahraga dayung, Serda Jas Rio Akbar satuan Spers Kolinlamil peraih medali perak pada cabang olahraga dayung, KLS TRB Medi Juana satuan KRI Leuser-954 peraih medali perak dan perunggu pada cabang olahraga dayung, Serda BAH/W Ririn Puji Astuti satuan KRI Banda Aceh-593 peraih medali perak pada cabang olahraga dayung, serta Ny. Christina istri dari Kopda Mar Yan Sahaya peraih medali perak dari cabang olahraga dayung.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri Ny. Siwi Sukma Adji, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R., Para Pejabat Utama Mabesal, Para Pangkoarmada, Para Kepala Dinas di lingkungan Mabesal, Para mantan Kasal dan Wakasal, Mantan Ketum Jalasenastri dari masa ke masa serta para tamu undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar