Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Gelar Seminar Budaya

Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta Gelar Seminar Budaya

Bertempat di Gedung Juang 45, Menteng, Jakarta, pada Rabu dan Kamis 26-27 September 2018, Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggelar Seminar Budaya dengan tema Pertemuan Budaya Timur dan Barat.

Acara yang digelar 2 hari tersebut diikuti oleh siswa siswi SMA/SMK se-DKI Jakarta dengan menampilkan narasumber Prof Yasmin Zaki shahab, Adolf hauken, Asep kambali, Doktor Bondan kanumayoso, Udaya Halim, Yahya Andi Saputra, Ir Dori Herlambang, Anisa Sintawati, Abdul Khair, Andri Michele, Gj Nawi.



Dr Bondan juga menjelaskan Dibidang arsitektur, dimana seluruh peserta juga diajak menyaksikan bangunan dengan arsitektur Timur dan Barat, dimana dahulu banyak orang Barat tinggal di Menteng, sehingga arsitektur Barat.

Sementara Dorri Herlambang banyak menjelaskan Arsitektur Tradisional Betawi, dimana arsitektur tradisional Betawi sebagai kearifan lokal harus dipertahankan, seperti ornamen Betawi seperti Gigi Balang, Pagar Langkan, Jendela Krepyak, konsol besi dan ornamem hias. Dan secara model ada rumah Bapang, Rumah Gudang, Rumah Joglo/Limasan dan Rumah Panggung, paparnya.

Seluruh peserta juga di ajari masak kue tradisional seperti Kembang Mayang dan Bir Pletok. Arsitektur tersebut harus dilestarikan sebagai identitas kota Jakarta untuk bangunan pemerintahan, paparnya.

Bang Yahya Andi Saputra juga memaparpan tentang sejarah bir pletok (Pry)

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6