Karo Sarpras Bakamla RI Inspeksi BMN Zona Maritim Tengah

Karo Sarpras Bakamla RI Inspeksi BMN Zona Maritim Tengah

Manado, 24 Oktober 2018 (Humas Bakamla RI) Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI Laksma TNI Amrein, S.E. melakukan inspeksi Barang Milik Negara (BMN) di jajaran kantor yang tergabung dalam Zona Maritim Tengah, di Manado, Rabu (24/10/2018).

Bersama kelima anggotanya yang terdiri dari Kabag Pendayagunaan dan Penatausahaan BMN Drs. Rachmat Iman S.BE., M.Si., Kasubbag Penatausahaan BMN Vita Melia, S.T., M.T., dan Staf Penatausahaan BMN Alfriani Klasiningtyas, Ardian Noverianto, dan Puguh Sajiwo, kedatangannya disambut baik oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, Brigjen Pol. Drs. Bastomy Sanap, S.H., M.H.

Laksma TNI Amrein yang baru menjabat sebagai Kepala Biro Sarpras, meninjau Zona Maritim Tengah untuk pertama kalinya. Kegiatan ini bersamaan dengan Gerakan "Ayo Inventarisasi BMN 2018" yang juga diusung oleh Biro Sarpras Bakamla RI.

Sebagaimana diketahui, salah satu tugas pokok Biro Sarpras Bakamla RI adalah melakukan tata usaha BMN, termasuk melaksanakan rekomendasi BPK terhadap aset BMN Bakamla RI. Kegiatan inventarisasi perlu dilakukan karena adanya proses alih status BMN dari Kemenko Polhukam ke Bakamla RI. Dengan demikian, Bagian Pendayagunaan dan Penatausahaan BMN Bakamla RI perlu untuk menginventarisasi ulang aset BMN.

Kegiatan inventarisasi bermula dari Kantor Kamla Zona Maritim Tengah di Jl. Perempatan Teling, Manado, Sulawesi Utara. Terkait status bangunan kantor, dalam kesempatan ini Laksma TNI Amrein juga menyampaikan bahwa pengadaan gedung Kantor Kamla Zona Tengah seluas 6.496 m² yang tercantum dalam RKBMN 2019 telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan.



Inventarisasi dilanjutkan ke Pangkalan Armada Zona Maritim Tengah, yang berlokasi di Jl. Trans Likupang, Manado, Desa Serei, Kecamatan Likupang Barat, yang dikepalai oleh Kolonel Laut (P) Agus Izzudin. Peralatan yang terdapat di pangkalan ini sudah sesuai standar pangkalan Bakamla RI. Peralatan terdiri dari alat komunikasi Global Maritim Distress Surveillance System (GMDSS) Type A3, dan radar. Namun pangkalan ini juga terdapat kamera long range yang tergabung dalam pengadaan APBNP 2016. Saat ini posisi kamera long range tersebut di dalam aplikasi SIMAK BMN masih dalam kolom "Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP)". Dengan demikian, hal ini merupakan prioritas bagi Tim Inventarisasi BMN dalam penyelesaiannya.

Tidak lupa, dalam kunjungan ini Laksma TNI Amrein juga menyambangi KN. Singa Laut 4802, didampingi oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah beserta jajarannya.

Selanjutnya, inventarisasi BMN dilakukan di Stasiun Bumi Bitung yang dikepalai oleh Ridwan Basuki, S.T. dan diawaki oleh dua personel lainnya. Masih dalam area Stasiun Bumi, tidak jauh terdapat SPKKL Manembo Nembo. Bangunan SPKKL ini terbilang unik karena masih berupa shelter. Namun demikian, kegiatan pemantauan di SPKKL cukup optimal dengan segala keterbatasan yang dimiliki. Masih dalam area tersebut juga, terdapat bangunan peralatan Backbone yang statusnya masih termasuk dalam kolom KDP di aplikasi SIMAK BMN. Diharapkan proses penyelesaiannya dapat segera dilalui, guna mendapatkan opini yang lebih baik di masa mendatang dari Badan Pemeriksa Keuangan.

Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono
Foto-foto: Humas Bakamla RI

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6