Kodam XII/Tpr Bantu Wujudkan Harapan Akses Jalan Warga Bagan Asam

Pembangunan di wilayah terpencil, terluar serta terisolir merupakan salah satu program prioritas pemerintah. Demikian juga halnya dengan TNI AD dalam hal ini jajaran Kodam XII/Tpr juga memiliki komitmen untuk mendukung program pembangunan yang diprioritaskan oleh Pemerintah tersebut, diantaranya pembangunan jalan sepanjang 19.8 km

Hal tersebut disampaikan oleh Danramil 1204/Toba, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kapten Inf. Bustamin, Senin (29/10/2018).

“Kita bisa lihat bersama tadi, warga sangat antusias menyambut rombongan ini. Mereka sangat mengidamkan adanya akses jalan darat yang tembus, kami berharap, warga juga turut berpatisipasi aktif dalam pembukaan jalan tembus ini ” , ujar Danramil.

Dengan luas wilayah per dusun seluas 296, 57 km2 dengan jumlah penduduk 356 jiwa dengan 108 Kepala Keluarga warga Dusun Bagann Asam sangat membutuhkan akses jalan, khususnya dari Dusun Mangkuk sampai Dusun Bagan Asam.
 
“Ketika itu, warga minta langsung kepada Pangdam (Mayjen TNI Achmad Supriyadi), dan tak lama kemudian sebagai bentuk empati dan komitmen, beliau langsung merealiasikannya” ujar Danramil Toba.

Pada kunjungan sebelumnya ke Dusun Bagan Asam ini, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi bertatap muka dengan warga Dusun Bagan Asam dan menjanjikan bahwa pembuatan jalan tembus darat akan segera direalisasikan. Tepat pada tanggal 15 Oktober lalu, pembuatan jalan tembus dari Dusun Mangkuk ke Dusun Bagan Asam dimulai pengerjaannya oleh Batalyon Zeni Tempur 6 (Yonzipur-6) Kodam XII/Tpr.

“Diharapkan pengerjaan pembukaan jalan ini dapat dirampungkan dalam waktu satu setengah bulan atau akhir Nopember nanti,” tandas Dalimunthe.

Kepala Desa Bagan Asam Liliapati dihadapan warganya yang berkumpul di Balai Desa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kodam XII/Tpr atas dibuatnya jalan darat menuju daerahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada TNI AD utamanya kepada bapak Pangdam yang telah mewujudkan harapan kami akan dibuatkannya jalan tembus yang sangat berarti bagi warga Dusun Bagan Asam”, ujar Kepala Desa Bagan Asam Liliapati.

Hal senada juga disampaikan tokoh masyarakat Bagan Asam Rudi yang sangat mengapresiasi upaya Pangdam XII/Tpr dan memperhatikan kebutuhan warga Bagan Asam akan akses jalan yang dapat meringankan warga.

“Pembangunan jalan ini akan sangat membantu kami warga di sini terutama dari sisi ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Karena secara sisi ekonomis dapat memangkas waktu maupun biaya ekonomi warga Dusun Bagan Asam yang mayoritas warganya hanya mengandalkan pekerjaan dari hasil getah karet, ” terangnya.

Dengan adanya jalan tembus darat ini, warga Dusun Bagan Asam dapat memangkas biaya transportasi yang sebelumnya mereka keluarkan setidaknya Rp. 400 ribu untuk sekali pergi pulang serta waktu tempuh lebih singkat antar wilayah.

Kepada rombongan dari Dispenad yang tengah meliput kegiatan di wilayah perbatasan, Kapendam XII/Tpr Kolonel Inf Aulia F. Dalimunthe menjelaskan bahwa program pembukaan dan pembuatan jalan ini merupakan salah satu sasaran karya bakti yang dilakukan Kodam XII/Tpr dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika 2018.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6