TNI AL GELAR PELATIHAN MANAJEMEN KORBAN AKIBAT BENCANA

TNI AL GELAR PELATIHAN MANAJEMEN KORBAN AKIBAT BENCANA

Jakarta, 23-10-2018, TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan Manajemen Korban Meninggal Akibat Bencana bagi Tenaga Kesehatan TNI AL. Kegiatan tersebut di buka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI  Wuspo Lukita, S.E., M.M., Selasa (23/10) di Gedung Neptunus, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Maksud dan tujuan digelarnya pelatihan ini untuk memberikan acuan bagi petugas kesehatan dalam penanganan krisis kesehatan akibat bencana, khususnya dalam identifikasi dan investigasi korban meninggal. Selain itu juga bertujuan untuk tersedianya standar pengelolaan bantuan kesehatan, data dan informasi penanganan korban dan terwujudnya tenaga kesehatan yang mampu serta terampil melakukan identifikasi dan investigasi kepada korban.

Pelatihan digelar selama dua hari pada 23 sampai dengan 24 Oktober 2018. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 20 orang peserta, yang terdiri dari Perwira, Bintara, dan Tamtama tenaga kesehatan TNI AL. Peserta  berasal dari satuan kesehatan TNI AL, untuk perwira dengan kualifikasi dokter umum, dokter gigi, sedangkan  bintara dan tamtama kualifikasi perawat umum dan perawat gigi.

Selama dua hari personel TNI AL  mendapatkan materi dan  praktek pelatihan oleh para ahli forensik dari International Committee of the Red Cross (ICRC).  Adapun ahli foresik yang didatangkan sebagai pelatihnya yakni Dr. Jacqueline Rodriguez Gonzalez (Regional Forensic Manager), Peter Sahelangi dari FK Universitas Hasanuddin,  Mrs Eva Jolly (Forensic Specialist), dan Novriantoni Kaharudin dari Global Affairs ICRC Jakarta.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan ini, diantaranya Wakil Asisten Personel (Waaspers) Kasal Laksamana Pertama TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si. (Han), Wakil Asisten Pengamanan (Waaspam) Kasal Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani, Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Laksamana Pertama TNI drg. Nora Lelyana, M.H.Kes., serta pejabat terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6