SIDANG SENAT TERBUKA WISUDA MAGISTER TERAPAN OPERASI LAUT DAN PENUTUPAN PENDIDIKAN REGULER ANGKATAN KE-56 TP 2018

SIDANG SENAT TERBUKA WISUDA MAGISTER TERAPAN OPERASI LAUT DAN PENUTUPAN PENDIDIKAN REGULER ANGKATAN KE-56 TP 2018

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M selaku Pimpinan Senat didampingi Pimpinan Sidang Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto, S.H selaku Direktur Politeknik AL dan Pimpinan Senat Akademik Seskoal Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D selaku Direktur Magister Terapan AL Bertempat di Auditorium Jos Soedarso Bumi Seskoal Cilandak Jakarta. Kamis 8 November 2018, melaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Magister Terapan Operasi Laut dan Penutupan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-56 TP 2018.

Pendidikan Reguler Seskoal dilaksanakan selama lebih kurang 11 bulan, diikuti 135 Perwira menengah pilihan dari seluruh Indonesia dan Negara sahabat terdiri dari 125 Perwira Siswa (Pasis) TNI AL, 2 Pasis masing-masing dari Tq1NI AD dan TNI AU serta 6 Pasis negara sahabat (Australia, India, Malaysia, Pakistan, Fiji dan Singapura) dengan gelar kelulusan Magister Terapan Operasi Laut (M.Tr.OpsIa).


Pada kegiatan tersebut, dilaksanakan juga penganugerahan dan penyerahan piagam penghargaan antara lain Piagam Dharma Wiratama Paripurna dengan akumulasi nilai akhir pendidikan tertinggi dalam proses belajar mengajar diberikan kepada Mayor Laut (P) Pungki Kurniawan, M.Tr.OpsIa, Piagam Dharma Wiratama Vihdya Wacana yang memiliki Taskap Terbaik diberikan kepada Mayor Laut (P) Lexy Efraimdums, S.E.,M.Tr.Opsla dan Piagam Dharma Wiratama Sumengkar diberikan kepada Major Goh Zi Jln. Eric., M.Tr.l-lanla sebagai lulusan terbaik dari Negara sahabat Singapura.


Kepala Staff Umum (Kasum) TNI, Laksamana Madya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A berkesempatan memberikan Orasi Ilmiah mengenai "Peran TNI AL Pada Operasi Gabungan Terpadu Dalam Manajemen Bencana Nasional", Dalam Orasi tersebut, salah satunya dijelaskan mengenai arah kebijakan penanggulangan bencana melalui langkah strategis TNI AL dalam suatu Operasi Gabungan TNI yakni untuk mencapai terciptanya agenda prioritas yaitu Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, dalam menghadapi ancaman bencana. Kedua, membangun Indonesia dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, melalui pengembangan dan pengendalian wilayah pertahanan laut guna penguatan kapasitas lokal.

Ketiga, Melakukan revolusi karakter bangsa, melalui dukungan dalam mengimplementasikan kebijakan kurikulum pendidikan nasional untuk mengembangkan budaya aman bencana, melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan, melalui upaya pengurangan kerentanan dan peningkatan kapasitas. melalui bantuan sosialisasi kebencanaan di Sekolah/Madrasah. pengembangan IPTEK dalam memonitoring kebencanaan.


Serta Pengambilan tindakan segera untuk menanggulangi perubahan iklim dan dampaknya sesuai Peran TNI AL dalam menghadapi bencana alam nasional yang sesuai UU TNI no. 34 tahun 2004 berkaitan tentang Operasi Militer Selain Perang.

Secara keseluruhan, dari hasil Pendidikan Reguler Seskoal ini diharapkan para "Perwira Alumni Dikreg Angkatan ke-56 TP. 2018 memiliki tingkat kemampuan profesi yang tinggi, antisipatif, adaptif. kreatif, inovatif dan proaktif dalam mengatasi berbagai persoalan. serta dapat mengambil keputusan secara cermat. cepat. dan tepat dalam situasi kritis sekalipun dengan tetap bertumpu pada pertimbangan efektifitas dan efisiensi.

Sejak berdirinya pada tanggal 26 November 1962 hingga saat ini, Seskoal telah berhasil meluluskan 4.971 alumni para pewira siswa, yang kini menjabat mulai dari pemimpim/komandan KRI/Batalyon/satuan sampai dengan pemimpin tertinggi di organisasi TNI Angkatan Laut, TNI dan Kementerian.

Pada kaempatan tersebut juga, Kasal meresmikan pembentukan Organisasi Ikatan Alumni Seskoal. Adapun tujuan dibentuknya Organisasi Ikatan Alumni Seskoal ini ialah untuk membentuk wadah kebersamaan para Alumni Seskoal dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara Indonesia. berkontribusi kepada almamater di bidang pendidikan, pengkajian dan pengabdian masyarakat serta mengupayakan kesejahteraan para alumni.

Selanjutnya, selaku Ketua Umum Ikatan Alumni Seskoal masa bakti tahun 2018-2012 ini adalah Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M.. dan pejabat Kemenrestik Dikti.

Turut hadir Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, SE,MM, Menteri Riset. Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI Prof. H. Mohamad Nasir. Ph.D. Ak., Komandan Sesko TNI. Kasespim Polri, para Komandan Sesko Angkatan. para Pejabat Utama Mabesal, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, para Pangkotama. Komandan STTAI. ,para Atase Pertahanan Negara sahabat, Rektor Perguruan Tinggi Mitra Seskoal (UNHAN. UNJ, UI, IPB, ITB, UGM dan UNDIP), Para Pejabat Kemenristekdikti. Para Pejabat BAN-PT", Ketua Umum Jatasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji. Ketua CBS Jalasenastri Seskoal Ny. Amarulla Octavian serta Pengurus Pusat Jalasenastri dan undangan lainnya.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6