Wisuda Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Dua Taruna Akpol di Akmil

Wisuda Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Dua Taruna Akpol di Akmil

Magelang,Tniad.mil.id. Bersama dengan kepala staf angkatan lainnya, Kasad Jenderal TNI Mulyono menghadiri upacara Wisuda Jurit Taruna Akmil, AAL dan AAU (Akademi TNI) serta Bhayangkara Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P di Akademi Militer, Magelang, Kamis (1/11/2018).

Dengan Komandan Upacara, Wakil Komandan Resimen Candradimuka (Wadan Mencandra) Kolonel Marinir Jhoni Sulistyawan, 776 Prajurit dan Bhayangkara Taruna (Prabhatar) tersebut diwisuda di Stadion Sapta Marga, Kampus Akademi Militer, Magelang. Adapun jumlah masing-masing terdiri dari 519 Prajurit Taruna (Pratar) Akademi TNI dan 257 Bhayangkara Dua Taruna (Bhadatar) Akpol. 

Secara tradisi, upacara Prabhatar ini sekaligus menandai akhir masa pendidikan dasar integrasi kemitraan Akademi TNI dan Akpol Tahun Akademik 2018 yang berlangsung selama tiga bulan, yaitu mulai 6 Agustus s.d. 1 November 2018. Setelah ini mereka akan melanjutkan pendidikan selama tiga bulan kembali, dimana taruna Akademi TNI di Mencandra Akmil dan Bhadatar di Akpol.

Dalam amanatnya Panglima TNI mengatakan bahwa Wisuda ini sebagai kesempatan bagi para taruna untuk bertemu dengan keluarga baik guna melepas rindu sekaligus mohon doa restu untuk menempuh pendidikan selanjutya.

“Pendidikan yang kalian tempuh masih panjang. Tiga bulan yang kalian lalui adalah waktu yang sangat berharga untuk hidup dan berlatih bersama, suka dan duka. Selama kurun waktu itu diharapkan tumbuh ikatan sosial, psikologis dan jiwa korsa yang erat” kata Panglima TNI.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, ikatan tersebut dapat membangun sinergitas dan soliditas di berbagai medan penugasan nantinya guna mencapai tujuan bangsa dan negara serta membangun negeri yang tercinta ini. Panglima TNI juga menekankan bahwa sebagai calon perwira maka para taruna ini memiliki fondasi kepemimpinan yang kuat, serta kemampuan pengembangan tekad dan motivasi serta kemauan untuk rela berkorban atas kepentingan nasional.
Di akhir sambutannya, Panglima TNI menyampaikan terima kasih kepada segenap pendidik, pelatih, pengasuh Akademi TNI dan Akpol, termasuk para pejabat Pemda dan masyarakat yang telah turut berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap pendidikan taruna di Akmil ini. 

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI juga menyematkan pangkat Pratar dan Bhadatar kepada dua taruna lulusan terbaik dari tiap matra. Sebagai Pratar terbaik Matra Darat diraih oleh Prajurit Taruna Darys Raditya Rizal dan Prajurit Taruni Nathasya Melyana, untuk Matra Laut oleh Prajurit Taruna Dwijan Budi dan Prajurit Taruni Rahil Rahma Vinia, selanjutnya Matra Udara diraih oleh Prajurit Taruna Teddy Ardika Ramadhani dan Prajurit Taruni Monica Made Aprilia, sedangkan untuk Akpol diraih Bhayangkara Dua Taruna Rivaldi Mahardhika dan Bhayangkara Dua Taruni Nora Septiana.  

Turut hadir pada acara Wisuda Prajurit Taruna Akademi TNI dan Bhayangkara Taruna Kepolisian ini diantaranya Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE.,MM., Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, SE.,MM., Wakalemdiklatpol Irjen Pol Boy Rafli Amar, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., Pejabat Utama TNI /Polri, para gubernur Akademi Angkatan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

0 komentar:

Posting Komentar

 

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6

CALEG PERINDO DPRD DKI DAPIL 9 NO.6